Sabtu, 20/04/2024 04:04 WIB

Bukit Asam Bagikan Dividen Rp3,65 Triliun

Arviyan pun menambahkan, keuangan perseroan tidak akan terganggu meskipun 90% laba bersihnya untuk dividen

Kantor PT Bukit Asam Tbk (Bukit Asam)

Jakarta, Jurnas.com - PT Bukit Asam (Persero) Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun Buku 2019.

Salah satu putusan RUPST itu membagikan dividen sebesar Rp3,65 triliun atau 90% dari laba bersih perseroan yang mencapai Rp4,1 triliun.

Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin mengatakan, pembagian dividen ini merupakan yang terbesar dalam sejarah BUMN yang listing di bursa. Ini juga bukti komitmen perseroan kepada para pemegang saham.

"Ini merupakan dividen yang paling besar. Juga dalam sejarah BUMN yang listing di bursa. Dengan adanyanya dividen ini, maka total yang kita bagikan Rp3,6 triliun ini adalah hal yang baik berupa komitmen perusahaan ke pemegang saham," ujar Arviyan dalam telekonferensi, Rabu (10/6/2020).

Keputusan pembagian dividen merupakan domain dari pemegang saham dalam hal ini PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum sebagai induk holding pertambangan. Apalagi, kebutuhan pendanaan dari holding BUMN pertambangan sangat besar.

"Ini adalah domain dari pemegang saham. Tentu ini terkait kebutuhan pemegang saham dalam hal ini Inalum," ucapnya.

Arviyan pun menambahkan, keuangan perseroan tidak akan terganggu meskipun 90% laba bersihnya untuk dividen. Mengingat kinerja perseroan masih cukup baik.

Sebagai gambaran, saat ini kas dari PTBA mencapai Rp8 triliun. Artinya meskipun perseroan membagikan dividen, namun kas perseroan masih tetap besar dan cukup.

"Dengan kinerja kita yang cukup baik maka pembayaran ini tidak akan pengaruhi likuditas kita dan ekspansi kita," ucapnya.

KEYWORD :

BUMN Bukit Asam PTBA Dividen




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :