Sabtu, 20/04/2024 04:31 WIB

Pendaftar Kartu Prakerja Capai 11 Juta Orang

Lebih dari 500.000 masyarakat terdaftar sebagai penerima manfaat Kartu Prakerja gelombang I hingga III

Ilustrasi Kartu Prakerja

Jakarta, Jurnas.com - Ternyata sejak dibuka pada April 2020, 11 juta orang sudah mendaftar di program Kartu Prakerja.

Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky menjelaskan, lebih dari 500.000 masyarakat terdaftar sebagai penerima manfaat Kartu Prakerja gelombang I hingga III.

"Total masyarakat yang mendaftar program Kartu Prakerja sekitar 11 juta orang. Sampai data terakhir, ada 360.000 peserta yang telah menuntaskan seluruh pelatihan," katanya dalam diskusi virtual, Senin (8/6/2020).

Seperti diketahui, sebanyak 224.000 orang telah diterima sebagai peserta Kartu Prakerja pada gelombang ketiga. Dengan demikian, total penerima manfaat Kartu Prakerja dari gelombang I-III mencapai 680.000 orang.

Panji mengatakan masih banyak peserta yang belum menuntaskan seluruh pelatihan dan 40.000 peserta belum menerima insentif yang diberikan oleh pemerintah.

Menurutnya, parameter keberhasilan Kartu Prakerja bukan meningkatnya jumlah penerima manfaat yang mendapat pekerjaan. Justru, lanjutnya, program tersebut dikatakan berhasil apabila penerima manfaat mendapat kemampuan (skill) baru yang dapat digunakan untuk mencari kerja di kemudian hari.

"Kita harus melihat KTP dalam konteks pandemi karena ada misi semi bansos. Ini membuat kinerja keberhasilan tidak sama seperti tahun lalu. Pencapaian penyaluran bansos dan feed back peserta menjadi penting," ungkapnya.

KEYWORD :

Kartu Prakerja Pelatihan Insentif




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :