Kamis, 18/04/2024 23:55 WIB

Dirjen Prihasto Luruskan Aksi Pedagang Buang-buang Sayur di Malang

Aksi buang-buang sayur itu terjadi menjelang pemberlakuan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Malang Kota pada Minggu (17/5)

Surat pernyataan pelaku buang-buang sayur. (Foto: Ist)

Malang, Jurnas.com - Jagat maya dikejutkan aksi viral para pedagang desa Kedungrejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang membuang produk sayuran yang semestinya dijual.

Bukan hanya membuang, sebagian sayuran dibagikan gratis kepada pengguna jalan yang melintas. Aksi itu dilakukan lantaran sayuran tidak laku.

Aksi buang-buang sayur itu terjadi menjelang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala besar (PSBB) di Malang Kota pada Minggu (17/5).

"Jadi itu buang sayur karena pasarnya itu tutup di sana (Jawa Timur). Jadi mereka nggak bisa jual sayurannya, jadi terpaksa sayur mereka dibuang-buang," ucap Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto saat dikonfirmasi, Sabtu (16/5).

Prihasto mengatakan, jika aksi buang sayur ke kali maupun aksi petani yang membagikan gratis ke pengguna jalan bukan karena harga panen sayur yang anjlok yang diakibatkan melimpah panen dalam waktu bersamaan.

"Namun kendala ini sudah diselesaikan, kita sudah selesaikan itu. Jadi sekali lagi, itu karena pasarnya tutup karena lagi lockdown," ujar Prihasto.

Video yang merekam aksi pedagang membagikan sayuran beredar dan viral di beberapa platform media sosial, seperti Twitter dan Instagram terjadi di pasar sayur Kedungboto.

Sudah sejak lama pasar itu menjadi sentra perdagangan komoditas sayuran, hasil dari pertanian warga sekitar. Setiap sore pasar tersebut ramai oleh aktivitas jual-beli sayuran.

Dalam video tersebut, tampak seorang pedagang berhelm biru dan berbaju hitam ikut membuang sayur sawi ke sungai. Selain itu, tampak pedagang lainnya berbaju ungu dan oranye serta bertopi cokelat ikut aksi buang sayur sawi ke sungai tersebut.

"Wis entek duwik e golek maneh, ajur-ajur. Rombonge sisan. Wis gak onok maneh, (sudah habis uangnya cari lagi, hancur-hancur, rombongnya juga, sudah tak ada lagi)," kata salah seorang petani dalam video yang beredar.

Melihat aksi pedagang dalam video tersebut, Prihasto mengatakan dampak dari PSBB salah satunya memang berkurangnya permintaan bahan pangan hasil petani karna banyak restoran atau usaha kuliner lainnya ditutup sementara.

"Semoga pandemi ini segera berlalu ya, jadi aktivitas kita bisa berjalan normal kembal," tukasnya.

KEYWORD :

Buang Sayuran Aksi Viral Prihasto Setyanto Kota Malang Jawa Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :