Kamis, 25/04/2024 08:49 WIB

Amalan-amalan Terbaik di Malam Lailatul Qadar

Menurut hadis Nabi Muhammad SAWW, malam Lailatul Qadar jatuh di malam-malam ganjil dalam sepuluh hari terakhir Ramadan.

Ilustrasi dzikir (foto: Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Bagi umat Islam, di antara kemuliaan bulan suci Ramadan adalah adanya malam Lailatul Qadar.

Menurut Aisyah RA yang dinukil oleh Bukhari, Nabi Muhammad SAW berkata bahwa malam Lailatul Qadar jatuh di malam-malam ganjil dalam sepuluh hari terakhir Ramadan.

Dalam Alquran surat Al-Qadr diterangkan bahwa malam Lailatul Qadar merupakan malam yang mulia. Kemuliaanya ialah lebih dari seribu bulan, atau 83 tahun 4 bulan.

Karena itu, untuk memperoleh kemuliaan malam Lailatul Qadar, seorang Muslim disarankan memperbanyak amalan-amalan terbaik. Apa saja?

1. Berzikir

Berzikir merupakan salah satu ikhtiyar meraih kemuliaan malam Lailatul Qadar. Sebagaimana makna zikir yang berarti mengingat, seorang mukmin dianjurkan memperbanyak zikir untuk mengingat kebesaran dan kekuasaan Allah SWT.

2. Salat Malam

Salat merupakan bentuk komunikasi intim antara seorang hamba dengan Allah SWT. Dan salat malam seperti salat tahajjud, tarawih, dan witir menjadi sebuah keutamaan untuk lebih mendekatkan diri kepada sang Maha Pencipta.

3. Berpuasa

Berpuasa dalam terma ini bukan hanya menahan diri dari makan dan minum sebagaimana puasa yang kita lakukan pada umumnya. Berpuasa untuk menyambut Lailatul Qadar ialah berpuasa dari godaan hawa nafsu, di antaranya menjaga lidah, hati, dan pikiran.

KEYWORD :

Lailatul Qadar Puasa Ramadan Amalan Sunah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :