Jum'at, 19/04/2024 11:04 WIB

Wow... Mengurus Akte Kematian Dapat Hadiah

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Fakfak, Papua Barat, menyiapkan hadiah bagi warga yang mengurus akte kematian.

Ilustrasi

Manokwari - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Fakfak, Papua Barat, menyiapkan hadiah bagi warga yang mengurus akte kematian.

Kepala Dinas Kependudukan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Papua Barat Pascalina Yamlean mengatakan, pemberian bonus itu sebagai salah satu upaya untuk memacu kesadaran mengurus akte kematian.

"Bonus atau hadiah yang diberikan berupa penggantian biaya transportasi. Meskipun kecil nilainya tapi besar manfaatnya," katanya seperti dilansir Antara, di Manokwari, Sabtu (3/9).

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk mengurus akte kematian masih rendah. Masyarakat belum paham akan pentingnya dokumen tersebut bagi pemenuhan data administrasi kependudukan setiap daerah.

Untuk itu, Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi telah mengeluarkan instruksi kepada pemerintah kabupaten/kota agar segera menertibkan administrasi kependudukan dan catatan sipil dari Distrik, Kampung hingga RT.

Guna mendukung instruksi gubernur, lanjutnya, pemerintah provinsi telah menyepakati nota kesepahaman kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) dengan pemerintah kabupaten/kota perihal percepatan data kependudukan.

"Kalau pegawai negeri, mereka mau mengurus karena ada tunjangan kematian, kalau untuk warga lainnya, mereka enggan mengurus karena mungkin tidak punya kepentingan," kata Paschalina.

KEYWORD :

Akte Kematian Dinas Kependudukan Papua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :