Sabtu, 20/04/2024 21:54 WIB

Dirjen Hubla Ingatkan Jaga Pasokan Logistik Selama Covid-19

Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo (kanan) saat meninjau pelabuhan.

CIREBON, Jurnas.com – Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H Purnomo mengingatkan agar pasokan logistik tetap terjaga selama pandemi wabah Corona (Covid-19).

“Meskipun kita dalam kondisi yang cukup sulit karena pandemi wabah Corona tetapi kita harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dengan tetap memprioritaskan keselamatan pelayaran serta menjaga terjaminnya kelancaran pasokan logistik di seluruh wilayah tanah air,” kata Agus melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Agus juga mengingatkan pentingnya petugas di lapangan agar menyosialisasikan dan melaksanakan sepenuhnya larangan mudik pada Lebaran tahun 1441 H/2020 untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

"Sampaikan penjelasan terkait larangan mudik di Lebaran 2020 yang sebaik-baiknya kepada masyarakat, dengan cara persuasif, mengedepankan pendekatan kekeluargaan agar kondisi di lapangan tetap terjaga dan kondusif. Saya yakin masyarakat juga memahami kondisi saat ini dan mau bekerjasama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19," ujarnya.

Sementara terkait dengan kegiatan operasional pelabuhan Dirjen Agus berpesan agar pelabuhan tetap beroperasi seperti bisa dengan tetap menerapkan SOP Pencegahan penyebaran Covid-19.

Terpisah, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cirebon, WIsmantono mengatakan bahwa untuk mendukung pencegahan penyebaran pandemi corona atau covid-19 di Pelabuhan Cirebon pihaknya melakukan berbagai langkah. Diantaranya menutup pintu masuk pelabuhan dari tiga menjadi satu pintu untuk memudahkan pengawasan,  mengecek suhu tubuh tiap orang yang masuk pelabuhan.

“Juga mewajibkan seluruh orang yang masuk pelabuhan menggunakan masker, menyusun SOP  pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19 serta melakukan penyemprotan disinfektan secara periodik dua minggu sekali di wilayah pelabuhan dan sekitar pelabuhan,” ujar Wismantono.

KEYWORD :

logistik Dirjen Perhubungan Laut pelabuhan covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :