Jum'at, 19/04/2024 12:01 WIB

Protein Whey Susu Diyakini Mampu Tingkatkan Imun

Protein whey mengandung asam amino esensial lengkap yang diperlukan tubuh.

Nata De Whey. (Foto: Balitbangtan)

Jakarta, Jurnas.com - Sistem imunitas atau kekebalan tubuh menjadi perhatian masyarakat dunia di tengaha pandemi virus corona (COVID-19). Hal ini karena, sistem imunitas tubuh menjadi salah satu senjata utama alamiah yang dapat melawan mikroorganisme patogen termasuk virus.

Sejumlah bahan aktif dalam bahan pangan, baik dari tanaman maupun hewan diketahui memiliki potensi meningkatkan sistem imun, salah satunya whey protein dalam susu.

Whey adalah cairan hasil samping yang terpisah dari gumpalan susu (dadih) dalam pembuatan keju. Protein whey mengandung asam amino esensial lengkap yang diperlukan tubuh.

Menurut Peneliti Mikrobiologi Susu, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen), Sri Usmiati konsentrasi asam amino esensial dalam whey susu lebih tinggi dibandingkan dalam kacang kedelai dan jagung.

"Jenis-jenis protein dalam whey susu, antara lain laktoferin, α-laktalbumin, β-laktoglobulin, glikomakropeptida, dan imunoglobulin dengan bioaktivitas sebagai penambah kekebalan tubuh," jelas Sri Usmiati melalui sambungan telepon Kamis (23/4).

Secara umum, fungsi bioaktif protein whey susu antara lain sebagai prebiotik, memperbaiki dan membentuk sel-sel dan jaringan tubuh, menghancurkan patogen, dan mereduksi racun.

Kepala BB Pascapanen, Prayudi Syamsuri menambahkan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah 2018 telah mengembangkan beberapa produk berbasis whey susu, yaitu "wheygurt" dan "nata de whey".

"Untuk tahun 2020, BB Pasca Panen mengembangkan bubuk instan protein whey susu," kata Prayudi.

Sementara itu, Kepala Balitbangtan, Fadjry Djufry mengatakan, memanfaatkan protein whey susu menjadi produk olahan, diharapkan dapat mensubstitusi silang agar harga keju menjadi lebih murah sehingga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat

"Selain itu, pemanfaatan whey susu dapat mendukung program zero waste," ujar Fadjry.

Selama ini, whey susu masih terbatas dimanfaatkan sebagai campuran pakan ternak atau pupuk organik, itupun dalam jumlah sedikit. Lebih dari itu, pemanfaatan protein whey susu menjadi produk yang kaya akan protein.

Saat ini, whey susu menjadi penting sebagai pangan alternatif penambah daya tahan tubuh melalui peningkatan aktivitas metabolisme protein dalam sel-sel jaringan tubuh, termasuk sel-sel sistem imunitas.

 

KEYWORD :

Inovasi Pertanian Imunitas Tubuh Whey Susu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :