Jum'at, 19/04/2024 21:46 WIB

Kena Dampak Gempa Bumi Bupati Bogor Tinjau Korban Gempa di Desa Purwabakti

Saat mengunjungi lokasi pengungsian, Bupati menginstruksikan langsung kepada Camat dan Kepala Desa untuk memindahkan lokasi pengungsian dan segera mendistribusikan bantuan terutama untuk balita dan lanjut usia.
 
 
 
 
 

Bupati Bogor Ade Yasin tinjau lokasi pengungsian korban gempa bumi di Kampung Cisalada, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Rabu (11/3).

Pamijahan, Jurnas.com - Bupati Bogor Ade Yasin tinjau dan berikan bantuan logistik kepada para korban dampak gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.0 SR yang berpusat di Timur Laut Kabupaten Sukabumi. Di Kampung Cisalada, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Rabu (11/3).
 
Saat mengunjungi lokasi pengungsian, Bupati menginstruksikan langsung kepada Camat dan Kepala Desa untuk memindahkan lokasi pengungsian dan segera mendistribusikan bantuan terutama untuk balita dan lanjut usia.
 
“Bantuan segera distribusikan kepada para pengungsi, lokasi pengungsian juga kalau bisa dipindahkan ke tempat yang lebih baik. Harus nurut dan patuh kepada Pa Camat dan Kepala Desa, karena nanti mereka yang akan mengurus bapak dan ibu-ibu semua,” kata Ade Yasin
 
Katanya menambahkan, ia telah intruksikan BPBD untuk membuatkan tenda pengungsian yang lebih aman dan nyaman dilengkapi dengan karpet. "Banyak warga yang khawatir gempa susulan kembali terjadi, sehingga mereka memilih tinggal ditenda. BPBD akan segera membangun tenda yang layak huni yang lebih bagus dan nyaman," paparnya.
 
Selain itu, Ade Yasin juga akan segera melakukan kajian  bekerjasama dengan geoapasial. Terkait adanya getaran yang terjadi diwilayah tersebut.
 
"Informasi yang kami dapat dari Kades, diluar dampak gempa bumi yang terjadi di Sukabumi. Wilayah itu sering terjadi getaran kecil mencapai 18 kali perhari. Kita akan cari tahu penyebabnya, untuk meminimalisir terjadinya korban kehilangan tempat tinggal bahkan nyawa," tukasnya.
 
Ditempat yang sama, Kepala BPBD Kabupaten  Bogor, Yani Hasan menuturkan, data sementara ada sekitar 339 bangunan rusak ringan, 33 rusak sedang dan 42 rusak berat. 
 
"Alhamdulilah tidak ada korban jiwa, tenda pengungsian akan segera kami siapkan. Sementara logistik bekerjasama dengan Dinas Sosial hari ini didistribusikan. Mulai dari makanan, sembako, susu bayi dan lainnya," tegas Yani.
KEYWORD :

Ade Yasin Gempa Bumi Tinjau




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :