Rabu, 24/04/2024 20:43 WIB

Di Tengah Tekanan Corona, Meksiko Ogah Kurangi Produksi Minyak

Meksiko mengambil jalan yang berlawanan di bawah Lopez Obrador, yang menghentikan pembukaan industri minyak yang meringankan beban pengeluaran Pemex

Drum minyak (Foto: Irna)

Jakarta, Jurnas.com - Di luar Arab Saudi dan Rusia, sebagian besar produsen minyak berlomba untuk menghadapi jatuhnya harga minyak bersejarah dengan mengurangi pengeluaran dan dalam beberapa kasus produksi. Tetapi perusahaan minyak nasional Meksiko bertindak seolah-olah masalah itu tidak pernah terjadi.

Petroleos Mexicanos malah ingin menggandakan pengeboran menjadi 423 sumur tahun ini dan mempercepat pengembangan 15 penemuan baru, meskipun para ahli mengatakan banyak yang tidak menguntungkan dengan harga saat ini.

Namun perusahaan itu belum mengumumkan perubahan pada tujuan produksi yang ditetapkan dalam rencana bisnis lima tahun sebesar 1,87 juta barel per hari, naik 11% dibandingkan tahun lalu, atau investasi dalam eksplorasi dan produksi 270 miliar peso ($ 11,1 miliar) .

Sementara itu, industri minyak dan gas global diperkirakan akan memangkas $ 100 miliar dalam pengeluaran eksplorasi dan produksi dalam penurunan 17% per tahun, menurut konsultan Rystad Energy AS.

Petroleo Brasileiro SA dari Brazil dan Ecopetrol Colombia dari Kolombia telah memangkas pengeluaran modal, dan Petrobras melakukan penutupan hingga 200.000 barel per hari dari produksi yang tidak menguntungkan di sebuah negara dengan sedikit kapasitas penyimpanan.

"Jika itu adalah jalan yang ingin Anda lewati dalam lingkungan ini, Anda pasti akan membakar uang," kata Ruaraidh Montgomery, direktur riset dari Welligence, konsultan minyak dilansir Bloomberg, Jumat (10/04)

"Petrobras benar-benar dijalankan sebagai entitas independen yang ada untuk menghasilkan keuntungan, tetapi dengan Pemex, prioritas pemerintah adalah pertumbuhan produksi," tambahnya

Sementara kilang di seluruh dunia memotong jalan di tengah konsumsi bahan bakar merosot, Arab Saudi dan Rusia melepaskan jutaan barel minyak mentah berlebih dalam pertempuran atas pangsa pasar. Terhadap latar belakang ini, patokan global, minyak mentah Brent mencatat kuartal terburuk dalam sejarah.

Meksiko adalah bagian dari OPEC + yang bertemu pada Kamis untuk mencoba menstabilkan pasar minyak tetapi negara itu belum menawarkan untuk mengurangi produksi sebagai bagian dari upaya.

Pendekatan angkuh Pemex terhadap krisis minyak cocok dengan penanganan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador terhadap pandemi global. Dia menghabiskan berminggu-minggu meremehkan risiko kesehatan dari coronavirus dan lambat untuk menerapkan langkah-langkah penahanan karena takut terhadap ekonomi. Dan dia tidak menunjukkan tanda-tanda meninggalkan strategi turnaround untuk perusahaan minyak nasional yang kekurangan uang.

Sementara Pemex mengumumkan langkah-langkah pengendalian biaya sebelum pasar minyak naik, para analis mengatakan itu tidak cukup. Pemex akan memiliki arus kas negatif tahun ini sebesar $ 20 miliar jika minyak Meksiko diperdagangkan pada $ 30 per barel, menurut Anne Milne, ahli strategi di Bank of America.

Investor khawatir bahwa Moody`s Corp dapat menurunkan peringkat obligasi Pemex menjadi sampah setelah Fitch Ratings Inc memangkas obligasi Pemex lebih dalam menjadi sampah awal bulan ini, dan S&P Global Inc. juga memangkas peringkatnya pada bulan Maret.

Pada hari Minggu, Lopez Obrador mengatakan dia akan memotong beban pajak Pemex dengan tambahan 65 miliar peso ($ 2,7 miliar), meskipun tidak segera jelas apakah ini merupakan langkah baru. Bantuan itu tidak akan cukup untuk mencegah perusahaan menggunakan fasilitas kredit revolving dan meningkatkan hutang pada tahun 2020, kata Moody`s dalam sebuah pernyataan.

Meksiko diperkirakan akan mendapat untung dari lindung nilai harga minyak tahunannya, yang terbesar dari jenisnya, yang pada 2020 berhasil memperoleh harga $ 49 per barel dan biasanya mencakup antara 200 juta hingga 300 juta barel. Lindung nilai Pemex jauh lebih kecil, hanya di atas 85 juta barel untuk tahun 2020.

Sebagian besar dana pemerintah yang dialokasikan untuk Pemex digunakan untuk pembangunan kilang senilai $ 8 miliar di negara bagian Lopez Obrador, Tabasco, bahkan ketika permintaan bahan bakar global berkurang dan proyek-proyek lain di seluruh dunia terus ditahan.

Bahkan sebelum krisis ekonomi 2020, kilang secara luas diubah sebagai tidak menguntungkan dan bermotivasi politik. Dan di luar dua ladang lepas pantai terbesar di Meksiko, profitabilitas dipertanyakan.

"Banyak penemuan baru tidak selalu menghasilkan uang dalam lingkungan harga super murah," kata Schreiner Parker, wakil presiden Amerika Latin di Rystad. "Kami akan terus melihat penurunan produksi Meksiko."

Petrobras, produsen terbesar Amerika Latin, dengan cepat menyesuaikan rencana bisnisnya dan menopang jalur kredit begitu harga jatuh pada bulan Maret. Itu adalah perusahaan minyak global pertama yang mengumumkan pemotongan untuk proyek-proyek yang tidak menguntungkan.

Petrobras mengambil langkah-langkah pengendalian biaya tambahan pada hari Rabu, mengumumkan program pensiun dini di mana ia mengharapkan pengurangan 3.800 staf dan 7,6 miliar reais ($ 1,5 miliar) dalam penghematan hingga tahun 2025.

"Mereka sedang bersiap untuk bertahan hidup dengan $ 25 per barel," kata Jorge Camargo, kepala kelompok energi dan infrastruktur di Pusat Hubungan Internasional Brasil, sebuah think tank di Rio de Janeiro. "Brasil lebih baik" daripada produsen Latin lainnya, katanya.

Meksiko mengambil jalan yang berlawanan di bawah Lopez Obrador, yang menghentikan pembukaan industri minyak yang meringankan beban pengeluaran Pemex. Bahkan sebelum krisis, keuangan Pemex sangat buruk sehingga telah membuat tunggakan dengan pemasok, membuat rencana ekspansi diragukan. Ini juga membuntuti industri minyak lepas pantai dalam mengadopsi langkah-langkah penahanan virus

KEYWORD :

Produksi Minyak Perusahaan Meksiko Virus Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :