Sabtu, 20/04/2024 10:54 WIB

WNI di Spanyol Diingatkan Nasionalisme

Dikatakan Dubes Yuli, agar  seluruh masyarakat Indonesia di Spanyol agar mempelajari dengan baik semua peraturan, Undang-Undang dan ketentuan terkait kewarganegaraan.

Madrid – Duta Besar Indonesia untuk Spanyol, Yuli Mumpuni Widarso mengingatkan kepada warga Indonesia di luar negeri untuk terus mengenal dan mengikuti perkembangan di tanah air, terus memupuk dan memperkokoh nasionalisme dan usahakan untuk dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara.  

“Karena secara langsung bersinggungan dengan peradaban, tradisi dan nilai-nilai asing yang berbeda dengan di tanah air. Akibatnya, banyak dari mereka yang nasionalismenya tererosi yang menerjang nasionalismenya,” ujar Dubes Yuli dalam pidatonya memperingati HUT Kemerdekaan RI di halaman KBRI Madrid.

Upacara yang dipimpin oleh Dubes Yuli Mumpuni Widarso tersebut telah berlangsung khidmad, dengan Komandan Upacara Letkol TNI (Laut) Dede Suhendrawan dan 9 Paskibra dari anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Madrid, dan aubade Lagu-lagu Perjuangan oleh putra-putri masyarakat Indonesia di Madrid yang berbusana tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Dikatakan Dubes Yuli, agar  seluruh masyarakat Indonesia di Spanyol agar mempelajari dengan baik semua peraturan, Undang-Undang dan ketentuan terkait kewarganegaraan dan imigrasi, baik yang berlaku di Indonesia maupun di Spanyol. “Dihimbau pula agar jika menemui keraguan terkait ketentuan kewarganegaraan atau imigrasi, supaya segera menghubungi nomor hotline KBRI Madrid untuk mendapatkan informasi,” ujarnya.

Sejalan dengan Tema Peringatan HUT RI tahun 2016, Indonesia Kerja Nyata,  Dubes mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Spanyol untuk berkontribusi bagi peningkatan kerjasama RI-Spanyol  untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dan produk Indonesia kepada masyarakat Spanyol.

“Dalam hal promosi pariwisata Indonesia, untuk mendukung dicapainya target peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dari rata-rata 8 juta per-tahun (2013) menjadi 20 juta per-tahun pada 2019,” ujar mantan Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga ini.

Pada bidang sosial budaya, Dubes Yuli mengatakan, peluang kerjasama dengan Spanyol terbuka di sektor olahraga prestasi. Telah dilakukan MoU Kerjasama Pembinaan Olahraga Prestasi yang telah ditandatangani oleh Menpora RI dan Menteri Olahraga Spanyol (Agustus 2014).

Kemudian, KBRI mencatat kenaikan jumlah mahasiswa Spanyol yang berminat belajar di Indonesia, berpartisipasi dalam program Darmasiswa Kemdikbud dan BSBI Kemlu RI. “Dubes RI telah mendorong seluruh diaspora Indonesia di Spanyol untuk berkontribusi, bersama-sama dengan KBRI memperkuat hubungan RI – Spanyol,” ujarnya.  

Acara Perayaan HUT RI dan Kemlu RI ke-71 di KBRI Madrid dimeriahkan oleh penampilan Tari Rateuh Jaro dan Tari Pukat yang dibawakan oleh Tim Kesenian SMA Al Azhar Kemang Pratama, vocal group K2IM (Keluarga Kristen Indonesia di Madrid) dan pembagian hadiah aneka lomba yang diselenggarakan oleh KBRI Madrid. Para tamu kalangan diaspora Indoensia menikmati seluruh rangkaian acara, dan hidangan menu makanan Soto ayam Kudus dan Nasi Tumpeng. (rls)

 

 

KEYWORD :

HUT RI di Spanyol Yuli Mumpuni Widarso




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :