Sabtu, 20/04/2024 05:14 WIB

Presiden Ajak Keluar Dari Zona Nyaman

Presiden Jokowi dalam pidato Sidang Tahunan MPR./foto:@fadlizon

Jakarta - Sekarang kita berada pada era persaingan global. Untuk memenangkan kompetisi, untuk menjadi bangsa pemenang, kita harus berani keluar dari zona nyaman. Kita harus kreatif, harus optimis, harus bahu-membahu, dan melakukan terobosan-terobosan. Semua itu demi mempercepat pembangunan nasional, demi meningkatkan daya saing kita sebagai bangsa.

Demikian salah satu isi pidato kenegaraan yang dibacakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Tahunan di Kompleks DPR Senayan, Selasa (16/8).

Menurut Presiden, tanpa keberanian keluar dari zona nyaman, Indonesia akan terus dihadang oleh kemiskinan, pengangguran, ketimpangan dan kesenjangan sosial.

"Diperlukan langkah-langkah terobosan, diperlukan kecepatan kerja, diperlukan lembaga-lembaga negara yang kuat dan efektif untuk mengatasi tiga masalah utama bangsa tersebut," ucap Presiden.

Untuk mencapai harapan-harapan tersebut, diperlukan pula keteguhan dalam menjunjung ideologi bangsa, konstitusi negara, dan nilai-nilai keutamaan bangsa. Tanpa itu, kebesaran kita sebagai bangsa akan punah, akan digulung oleh arus sejarah.

"Kita tidak mau itu terjadi! Kita tidak mau itu terjadi!" tegas Presiden mengulang kalimatanya. 

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah mengapresiasi kiprah MPR yang terus memperluas sosialisasi, pengkajian, dan penyerapan aspirasi masyarakat tentang implementasi nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pemerintah juga menyambut baik gagasan MPR untuk mengkaji sistem perencanaan pembangunan nasional jangka panjang. Dalam era kompetisi global sekarang ini, kajian seperti itu kita harapkan dapat mendukung perencanaan pembangunan yang lebih terintegrasi, berwawasan ke depan, dan berkesinambungan.[]

KEYWORD :

presiden jokowi pidato kenegaraan zona nyaman masalah bangsa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :