Sabtu, 20/04/2024 02:45 WIB

Judoka Mesir Tolak Bersalaman dengan Atlet Israil

Atlet judo Ar Sasson dari Israel mengajak salaman El Shehaby / foto:olympic.cbc.

Rio - Tanpa diduga, Judoka Mesir Islam El Shehaby menolak berjabat tangan dengan lawannya dari Israel, Or Sasson usai berlaga di Olimpiade Rio. Sontak, perilakunya mendapat protes temasuk dari pihak Mesir. El Shehaby akhirnya dipulang oleh tim negaranya sendiri, lagian ia juga  kalah dalam pertandingan Jumat

Atlet itu mengatakan tidak ingin berjabat tangan dengan seorang Israel, juga tidak diwajibkan untuk melakukannya di bawah aturan judo, namun IOC mengatakan perilakunya bertentangan dengan aturan dan semangat Olimpiade serta aturan fair play.

Setelah Sasson mengalahkan El Shehaby dan keduanya berdiri di depan wasit, atlet Mesir itu mundur ketika Sasson membungkuk dan mendekatinya untuk berjabat tangan.

Ketika dipanggil kembali oleh wasit untuk membungkuk, El Shehaby mengangguk cepat sebelum berjalan meninggalkan arena. "Menjabat tangan lawan Anda bukan merupakan kewajiban tertulis dalam aturan judo. Ini terjadi di antara teman dan dia bukan teman saya," kata El Shehaby setelah pertandingan itu.

"Saya tidak punya masalah dengan orang-orang Yahudi atau agama atau berbeda keyakinan lain. Tapi untuk alasan pribadi, Anda tidak bisa meminta saya untuk menjabat tangan siapa pun dari negara ini, terutama di depan (orang) seluruh dunia," katanya dilaporkan oleh Reuters

Komisi Disiplin (DC) menganggap bahwa perilakunya pada akhir kompetisi bertentangan dengan aturan fair play dan bertentangan dengan semangat persahabatan yang terkandung dalam Nilai Olimpiade.

"DC mengeluarkan 'teguran berat bagi perilaku yang tidak pantas' untuk atlet. DC mencatat...jabat tangan setelah pertandingan tidak dalam aturan kompetisi Federasi Judo Internasional, " demikian pernyataan Komite Olimpiade Internasional ( IOC).

"Sebagai teguran keras, DC telah meminta Komite Olimpiade Mesir untuk memastikan di masa depan bahwa semua atlet mereka menerima pendidikan yang layak mengenai Nilai Olimpiade sebelum datang ke Olimpiade," kata IOC.

El Shehaby (32), dilaporkan telah ditekan oleh fans di media sosial untuk tidak muncul dalam pertandingan melawan Israel, karena akan memalukan Islam.

Ini bukan pertama kalinya atlet dari negara-negara Arab atau Iran menolak untuk bersaing dengan atlet Israel di Olimpiade atau kompetisi internasional lainnya.

Pada Olimpiade Athena 2004 lalu, juara dunia Iran Arash Mirasmaeili menolak untuk melawan judoka Israel Ehud Vaks.

.

KEYWORD :

Olimpiade judoka mesir israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :