Sabtu, 20/04/2024 12:11 WIB

Presiden Jangan Hamburkan Uang

Soal tempat tinggal,Presiden dan Wapres bisa tinggal di Istana, sekaligus tempat tinggal dan tempat kerja. Sehingga tak perlu lagi ada rumah dinas, 

Jakarta - Kondisi keuangan Indonesia yang saat ini sedang perlu efisiensi, harusnya kepala negara yakni Presiden dan Wakil Presiden memberi contoh hidup sederhana dari situasi ekonomi sekarang.

Itu dikatakan  Direktur Centre Budget Analysis, Uchok Sky Khadafi. "Pengetatan anggaran ini jangan hanya diperuntukkan bagi kementerian atau lembaga negara. Tapi, lembaga kepresidenan juga harus memperketat diri mereka," kata Uchok, di Jakarta, Sabtu.

Kata Uchok, Presiden dan Wapres jangan terlalu boros atau menghambur-hambur duit hanya untuk jalan-jalan ke daerah atau ke luar negeri hanya menghadiri sebuah undangan. "Presiden Jokowi dan Wapres JK harus di depan memberikan contoh, bahwa seorang presiden dan wapres kerjanya bukan hanya omong doang, tapi juga melakukan penghematan anggaran," kata Uchok diberitakan Antara.

Soal tempat tinggal, lanjut dia, Presiden dan Wapres bisa tinggal di Istana, sekaligus tempat tinggal dan tempat kerja. Sehingga tak perlu lagi ada rumah dinas,  karena rumah dinas juga makan anggaran yang cukup besar.

Apalagi, Presiden sebelumnya juga sempat mencontohkan, bisa menjadikan Istana sebagai tempat kerja dan tempat tinggal sekaligus. Presiden Soekarno, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Megawati Soekarnoputri adalah contohnya. Sebelumnya, Pemerintah akan memangkas anggaran Rp133 triliun bagi pemerintah pusat dan transfer daerah pada APBN-P 2016.

KEYWORD :

Uchok Sky Khadafi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :