Rabu, 24/04/2024 13:39 WIB

China dan ASEAN Komitmen Berantas Virus Corona Bersama

Wang menguraikan langkah-langkah kuat yang diambil dan hasil luar biasa yang dicapai oleh China untuk memerangi epidemi.

China dan 10 anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengadakan pertemuan khusus menteri luar negeri mengenai wabah novel coronavirus (COVID-19) untuk membahas upaya koordinasi dalam memerangi wabah, Kamis (20/02

Jakarta, Jurnas.com - China dan 10 anggota Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mengadakan pertemuan khusus menteri luar negeri mengenai wabah novel coronavirus (COVID-19) untuk membahas upaya koordinasi dalam memerangi wabah, Kamis (20/02) waktu setempat.

Pertemuan tersebut diketuai bersama oleh Wang Yi, Anggota Dewan Negara China dan Menteri Luar Negeri, dan Teodoro Locsin, Menteri Luar Negeri Filipina, koordinator negara dari hubungan China-ASEAN.

Pertemuan dimulai dengan memutar klip video yang memperlihatkan upaya bersama rakyat Tiongkok untuk memerangi wabah COVID-19 dan para pemimpin 10 negara ASEAN menunjukkan dukungan tegas kepada China.

Para menteri berteriak, "Tetap kuat, Wuhan! Tetap kuat, China!" pada sesi foto bersama.

Selama pertemuan itu, Wang menguraikan langkah-langkah kuat yang diambil dan hasil luar biasa yang dicapai oleh China untuk memerangi epidemi.

"Di bawah kepemimpinan Presiden China Xi Jinping, 1,4 miliar orang Tiongkok telah bersatu untuk memerangi virus," kata Wang dilansir people, Jumat (21/02).

China telah mengadopsi langkah-langkah pencegahan yang paling komprehensif, paling ketat dan paling teliti untuk membangun sistem pencegahan yang secara efektif menghentikan penyebaran penyakit, kata Wang.

Langkah-langkah tersebut, diimplementasikan dengan "kecepatan China", telah membeli waktu untuk segera menyelamatkan pasien dan memungkinkan dunia untuk menanggapi wabah dengan tepat, menunjukkan peran China sebagai negara besar yang bertanggung jawab.

"Kami sangat percaya bahwa di bawah kepemimpinan Partai Komunis Tiongkok dan dengan kemampuan mobilisasi yang kuat di negara itu, keunggulan sistemnya dan kekuatan nasional secara keseluruhan, Tiongkok memiliki kemampuan dan kepercayaan diri untuk sepenuhnya mengalahkan epidemi sesegera mungkin," kata Wang.

Wabah COVID-19 telah menimbulkan tantangan bagi pembangunan ekonomi dan sosial Tiongkok, tetapi hanya bersifat sementara dan terbatas. Mengingat ketahanan dan vitalitas ekonomi Tiongkok, tren ekonomi positif jangka panjang tidak akan berubah, katanya, menambahkan bahwa Cina tidak hanya akan memenangkan pertempuran melawan virus, tetapi juga berusaha untuk mencapai tujuan pembangunan ekonomi dan sosialnya.

Epidemi tidak melihat batasan, kata Wang. Berbagi masa depan yang sama sebagai saudara, Tiongkok dan negara-negara ASEAN harus secara efektif mencegah penyebaran penyakit dengan melakukan kerja sama yang lebih dekat dan lebih aktif, untuk menjaga kesehatan dan kehidupan masyarakat dan untuk membentuk komunitas China-ASEAN yang lebih dekat dari suatu komunitas masa depan, katanya.

Dalam hal ini, Wang membuat proposal kerjasama empat poin.

Pertama, kedua belah pihak harus memperkuat koordinasi untuk pencegahan dan pengendalian penyakit sendi. Upaya harus dilakukan untuk mendorong koordinasi dan kerjasama yang efektif antara departemen kesehatan, karantina, transportasi dan imigrasi dari kedua belah pihak. Pertemuan para pemimpin khusus China-ASEAN tentang penyakit coronavirus harus diadakan pada waktu yang tepat untuk menjabarkan dan memandu upaya kerja sama dari tingkat yang lebih tinggi.

Kedua, kedua belah pihak harus mengambil perspektif jangka panjang dan membangun mekanisme kerja sama jangka panjang. Dia mengusulkan untuk membangun mekanisme komunikasi darurat kesehatan masyarakat China-ASEAN dan pusat cadangan bahan anti-epidemi China-ASEAN untuk mempercepat respons terhadap masalah kesehatan yang muncul.

Ketiga, kedua belah pihak harus secara rasional menangani epidemi dan menaklukkan kepanikan ini. Nasihat profesional dari para pakar WHO harus dihormati, dan pertukaran dan kerja sama normal antara personil perdagangan dan perdagangan antara kedua belah pihak harus dipulihkan secara komprehensif pada tanggal yang lebih awal.

Keempat, kedua belah pihak harus mengubah krisis menjadi peluang dan menumbuhkan poin pertumbuhan kerjasama baru. ASEAN dan Cina harus mendorong ekonomi untuk berubah menjadi Internet dan ekonomi digital, meningkatkan kerja sama di bidang-bidang seperti perdagangan digital dan pembayaran mobile, dan meningkatkan tingkat manajemen kota untuk lebih baik dalam mengatasi berbagai insiden publik yang mendesak.

Para menteri luar negeri dari negara-negara ASEAN semuanya sangat menghargai langkah tegas China untuk memerangi epidemi virus corona baru, dan cara yang sangat bertanggung jawab dan transparan. Mereka sepenuhnya menegaskan kontribusi penting China untuk menjaga keamanan kesehatan publik regional dan global, dan percaya pihak China berlimpah untuk mengalahkan epidemi pada tanggal paling awal.

Negara-negara ASEAN bersedia untuk memperkuat kerja sama dan solidaritas dengan China, bertukar pengalaman dan bersama-sama mempromosikan kemampuan keamanan kesehatan di kawasan itu, kata mereka.

Pertemuan itu juga mengadopsi pernyataan tentang penyakit coronavirus 2019.

Pada konferensi pers bersama setelah pertemuan tersebut, Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith mengatakan pada pertemuan khusus tersebut, para menteri luar negeri ASEAN, dan anggota dewan negara China dan menteri luar negeri telah secara bersama dan komprehensif meninjau upaya dan komitmen bersama dan memetakan arah masa depan untuk mencegah dan menanggapi wabah COVID-19.

"Kami juga telah berbagi satu sama lain tentang praktik terbaik, pembelajaran dan metode yang efektif dalam pengawasan, pendeteksian dan penelitian," tambahnya.

KEYWORD :

Virus Corona Pemerintah China Negara ASEAN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :