Sabtu, 20/04/2024 09:34 WIB

Cuaca Esktrem Dapat Membebani Jaringan Listrik Perkotaan

Angka ini saat ini sekitar 1,1 miliar orang, mereka yang rentan terhadap cuaca panas tetapi tidak memiliki daya atau dana untuk peralatan pendingin.

Ilustrasi perubahan iklim (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Cuaca panas ekstrim yang semakin besar kemungkinannya akibat perubahan iklim dapat membebani jaringan listrik perkotaan dan menyebabkan pemadaman listrik yang merajalela sebagai bagian terbesar dari umat manusia yang memilih tinggal di kota.

Dilansir Voa, dalam serangkaian penelitian dan komentar di edisi khusus jurnal Nature Energy, para peneliti memeriksa bagaimana kota dapat menggunakan sumber daya yang terbarukan dengan lebih baik dan merencanakan perubahan suhu yang lebih sering dan kuat.

Dengan lebih dari setengah umat manusia diperkirakan akan tinggal di kota pada tahun 2050, infrastruktur yang ada yang mengandalkan daya dari bahan bakar fosil kemungkinan terbukti tidak cukup untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat, serta meledaknya penggunaan AC sebagai panas yang meroket di musim panas.

Sementara perubahan iklim adalah fenomena jangka panjang, tim peneliti internasional ingin melihat apa efek cuaca ekstrem jangka pendek pada jaringan listrik perkotaan.

Mereka menggunakan sejumlah model iklim untuk mensimulasikan bagaimana permintaan listrik kemungkinan naik dan turun di 30 kota Swedia selama apa yang disebut peristiwa cuaca berdampak tinggi.

Mereka menemukan kesenjangan kinerja "signifikan" dan risiko pemadaman yang tinggi.

"Peristiwa cuaca ekstrem dapat mengurangi keandalan pasokan listrik hingga 16 persen, yang dapat dengan mudah menyebabkan pemadaman yang mengakibatkan kerugian ekonomi yang sangat besar," kata penulis utama studi tersebut, Dasun Perera.

Jejak karbon

Tim juga menemukan bahwa cuaca panas dan dingin dapat mempengaruhi integrasi pasokan terbarukan dalam jaringan listrik yang ada.

Ini, pada gilirannya, dapat memiliki dampak signifikan pada kualitas udara perkotaan dan menimbulkan tantangan lebih lanjut bagi pemerintah dan kota-kota yang berusaha mengecilkan jejak karbon mereka.

"Peristiwa iklim ekstrem dan dampaknya pada sistem energi tidak dipertimbangkan selama perencanaan energi saat ini," kata Perera, dari Laboratorium Energi Fisika dan Bangunan di Swiss Ecole Polytechnique Federale de Lausanne.

"Ini dapat dengan mudah menyebabkan ketidakcocokan antara permintaan dan generasi selama peristiwa iklim ekstrem yang mengakibatkan pemadaman."

Sebuah studi yang diterbitkan minggu lalu memperingatkan bahwa jumlah hari dan malam yang sangat panas - yang menimbulkan risiko kesehatan yang signifikan karena tubuh manusia tidak mendapatkan kesempatan untuk mendinginkan diri - di Belahan Bumi Utara dapat meningkat empat kali lipat pada tahun 2100.

Bahkan dengan akses pendingin udara global yang menjamur seiring berjalannya abad, masih ada kemungkinan ratusan juta orang di seluruh dunia mengalami bahaya akibat gelombang panas yang ekstrem.

`Pemikiran baru, alat baru`

Saat ini sekitar 1,1 miliar orang, mereka yang rentan terhadap cuaca panas tetapi tidak memiliki daya atau dana untuk peralatan pendingin.

"Menghitung dan memformalkan dampak ekstrem sangat penting bukan hanya karena ekstrem yang akan menghancurkan kita, tetapi karena ekstrem mempengaruhi yang paling rentan terlebih dahulu dan paling menghancurkan," kata editorial terkait.

Dalam sebuah komentar, peneliti AS dan Eropa mengatakan pemodelan iklim tradisional sering gagal untuk memperhitungkan peristiwa cuaca ekstrem.

Mereka mengatakan pemerintah harus mempertimbangkan risiko jangka pendek mantra panas dan dingin ketika memperbarui atau membangun infrastruktur energi.

"Melampaui status quo hari ini untuk mengeksplorasi `luar biasa` memerlukan pemikiran baru, eksperimen baru, dan, sangat mungkin, kombinasi alat baru, termasuk analisis off-model," kata penulis.

"Ini sulit untuk dipastikan, tetapi tidak ada risiko dalam mencoba."

KEYWORD :

Cuaca Ekstrem Jaringan Listrik Hasil Penelitian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :