Rabu, 24/04/2024 20:58 WIB

RS Baghdad Terbakar, 11 Bayi Tewas

Insiden itu kian menguatkan dugaan publik adanya korupsi dan tata kelola buruk dari pemerintah.

Baghdad - Kebakaran yang terjadi di bangsal bersalin Rumah Sakit (RS) di Baghdad, telah menewaskan Sebanyak 11 bayi prematur. Kata Kementerian Kesehatan setempat, diduga terjadi akibat arus pendek listrik. Tujuh bayi dan 29 perempuan telah dievakuasi dari bangsal bersalin Rumah Sakit Yarmuk ke rumah sakit lainnya.

Pemadam kebakaran membutuhkan waktu tiga jam untuk mematikan kobaran api di bangsal tersebut.  Insiden itu kian menguatkan dugaan publik adanya korupsi dan tata kelola buruk dari pemerintah. Sejumlah foto yang disiarkan ke media sosial menunjukkan rumah sakit tampak telantar dengan kecoak berkeliaran di ubin yang rusak, tempat sampah penuh, toilet kotor, dan pasien yang tergeletak di halaman.

Kerabat pasien yang belum lama meninggal akibat meningitis di RS mengaku melihat kecoak masuk ke dalam selang masker oksigen. "Kondisinya sungguh kotor," ujarnya. "Bahkan kami memakai sprei kasur sendiri," tambahnya.

Negara penghasil minyak itu masih mengalami kesulitan membangun akses listrik, air bersih, sekolah, dan rumah sakit usai 13 tahun pendudukan Amerika Serikat di Irak yang menjatuhkan Saddam Hussein.

Perdana Menteri Haider al-Abadi telah mencoba lebih dari dua tahun untuk memberantas korupsi di Irak. Negara itu menempati urutan 161 dari total 168 negara dalam indeks korupsi Transparency International. Akan tetapi upaya tersebut mengalami hambatan dari elit politik. (Ant/Reuters)

KEYWORD :

Irak Baghdad




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :