Jum'at, 19/04/2024 15:24 WIB

DPR Diminta Pecat Politikus Gerindra Andre Rosiade

MKD DPR RI diminta untuk segera memecat Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade. Sebab, Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) itu diduga melanggar kode etik terkait jebakan penggerebekan PSK di Kota Padang.

Politikus Gerindra, Andre Rosiade

Jakarta, Jurnas.com - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI diminta untuk segera memecat Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade. Sebab, Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) itu diduga melanggar kode etik terkait jebakan penggerebekan pekerja seks komersial (PSK) di Kota Padang.

Ketua DPP Jaringan Aktivis Indonesia, Donny Manurung mengatakan, pihaknya telah menyerahkan sejumlah berkas terkait dugaan pelanggaran kode etik dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Andre sebagai anggota dewan ke MKD DPR.

"Dipecat, dipecat dari DPR RI. Sanksi dari kami harapkan Andre segera dipecat dari dewan," kata Donny, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/2).

Kata Donny, pihaknya akan terus mengawal kasus dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan Andre. Sebab, tindakan anak buah Prabowo Subianto itu menjadi preseden buruk bagi masyarakat.

"Kami juga mungkin akan membangun komunikasi dengan ketua MKD atau wakil ketua MKD untuk segera memproses kasus ini, kalau perlu Andre Rosiade segera disidang. Karena ini menjadi preseden buruk bagi masyrakat," tegasnya.

Adapun sejumlah berkas yang diserahkan kepada MKD adalah berupa bukti beberapa Pasal yang dilanggar untuk kode etik dewan, contohnya di Bab 1 pasal 2 terus Bab 4 pasal 5.

"Kita berharap ini segera disidangkan agar tidak menjadi efek buruk untuk masyarakat. Ini kan sudah menciptakan efek kegaduhan bagi masyarakat itu sendiri," katanya.

Diketahui, kasus ini berawal saat Tim Cyber Ditreskrimsus Polda Sumbar menggerebek sebuah hotel berbintang di kawasan Bundo Kanduang Padang pada Minggu 26 Januari 2020. Seorang wanita berinisial N tersebut diduga melakukan praktik seks komersial lewat aplikasi MiChat. Bersama N, polisi juga mengamankan seorang lelaki yang diduga germo, uang sebesar Rp 750 ribu, dan sebuah kondom belum terpakai.

Penangkapan PSK dan muncikari ini menjadi kontroversi karena Andre Rosiade turut dalam penggerebekan tersebut. Dari informasi yang beredar, Andre dengan sengaja menjebak atau membuat skenario terkait penggerebekan PSK tersebut. Bahkan, wanita itu telah melayani seorang pria yang diduga menjebaknya.

KEYWORD :

Jebak PSK Andre Rosiade Partai Gerindra MKD DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :