Sabtu, 20/04/2024 14:28 WIB

PMI Siap Bantu Pemerintah Cegah Virus Corona

PMI wajib membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus yang telah banyak makan korban jiwa ini.

Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah gelar rapat koordinasi tentang kesiapan pencegahan virus corona di Jawa Tengah, Selasa (11/2).

Semarang, Jurnas.com -- Palang Merah Indonesia (PMI) siap siaga membantu pemerintah, baik di pusat maupun daerah dalam mencegah menyebarnya virus Corona di Indonesia. Segala sumber daya yang dimiliki PMI harus dikerahkan untuk itu.

Sekjen PMI Sudirman Said mengungkapkan hal itu pada acara Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan PMI Menghadapi Corona yang diselenggarakan PMI Jawa Tengah, Selasa (11/2/2020) di Markas PMI Jateng, Semarang.

"Kita berharap virus Corona tidak masuk ke Indonesia. Tapi kita harus bersiap siaga dengan segala kemungkinan. Dan PMI wajib membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran virus yang telah banyak makan korban jiwa ini," kata Sudirman dalam acara yang dihadiri oleh perwakilan pengurus PMI dari 35 Kabupaten/Kota di Jateng.

Sebelum hadir di acara Rakor tentang Virus Corona, Sudirman Said berkeliling meninjau Markaz PMI Jateng. Ketua PMI Jateng Imam Triyanto dan sejumlah pengurus lainnya mendampingi dan memberikan penjelasan mengenai berbagai fasilitas yang dimiliki PMI Jateng.

Sudirman sangat terkesan dengan soliditas dan kekompakan PMI Jateng. Dia berharap hal ini terus dijaga agar PMI Jateng dapat terus menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dengan baik.

"Akuntabiliti dan komunikasi sangat penting. Kalau kita pamer pekerjaan itu bukan dalam rangka pencitraan tapi bagian dari tanggung jawab sosial kepada masyarakat luas," tutur Sudirman.

Sudirman menyampaikan, tujuh prinsip PMI, yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan harus dijaga. Meskipun ada di antara pengurusnya punya warna politik tertentu.

KEYWORD :

PMI Palang Merah Indonesia virus corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :