Sabtu, 20/04/2024 12:43 WIB

Adara dan Folpip Mengecam Deal of Century

Deal of Century semakin melegitimasi penjajahan Israel atas tanah bangsa Palestina

Ketua Adara Relief International, Nurjanah Hulwani

Jakarta, Jurnas.com - Adara Relief International bersama Forum Ormas dan Lembaga Perempuan Indonesia untuk Palestina (FOLPIP) menyatakan sikap yang sejalan dengan pernyataan dari Global Women`s Coalition for Al Quds and Palestine (GWCQP) yakni tegas menolak dan mengecam Deal of Century atau kesepakatan abad ini, yang diinisasi oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Adara Relief International, Nurjanah Hulwani dalam pernyatan bersama Folpip secara tertulis yang diterima Jurnas.com, Rabu (05/02) di Jakarta.

Menurut Nurjannah, Deal of Century semakin melegitimasi penjajahan Israel atas tanah bangsa Palestina. Selain itu, negara Palestina baru yang diusulkan adalah negara semu karena dibentuk dari beberapa wilayah yang terpisah-pisah.

Deal of Century juga akan melucuti persenjataan militer Palestina. Hal itu sama saja dengan menghapus unsur penting sebuah negara yang berkewajiban melindungi warga negaranya, terutama termasuk di antaranya perempuan dan anak-anak,” kata Nurjannah.

Selain itu, lanjutnya, Deal of Century menetapkan Jerusalem sepenuhnya sebagai ibukota Israel dengan tetap menjamin Umat Islam aman mendatangi Masjid Al-Aqsa merupakan klaim sepihak dan janji-janji manis untuk melegalkan perampasan dan penjajahan.

“Janji investasi 50 Miliar USD untuk pembangunan Palestina tidak sebanding dengan  penderitaan lebih dari 100 tahun bangsa Palestina,” ujarnya.

Ia juga menyatakan bahwa resolusi PBB tentang hak kembali para pengungsi diinjak-injak, karena Deal of Century menghapus hak kembali para pengungsi ke tanah asal mereka.

“Daftar panjang kejahatan kemanusiaan Israel atas bangsa Palestina harus segera dihentikan dan diproses secara hukum dengan seadil-adilnya,” tandasnya.

Untuk itu, Adara Relief International bersama FOLPIP menghimbau kepada semua pihak, secara lokal atau regional dan internasional untuk terus mendukung kedaulatan dan kemerdekaan Bangsa Palestina, membela hak-hak kaum terjajah dan segera menghentikan penjajahan serta kezhaliman Israel terhadap Bangsa Palestina.

“Perdamaian dunia akan benar-benar tercipta bila penjajahan di atas bumi berhasil dihapuskan,” pungkasnya.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menginisiasi pertemuan untuk membahas solusi konflik Israel-Palestina yang dinamakan `Deal of Century` atau `Kesepakatan Abad Ini`. Konferensi ini dilaksanakan di ibu kota Bahrain, Manama, pada 25-26 Juni 2019 mendatang.

Acara tersebut dihadiri Amerika Serikat sebagai inisiator dan beberapa negara Timur Tengah, seseperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Maroko, dan Bahrain.

 

KEYWORD :

Palestina Deal of Century Adara Relief Nasib




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :