Sabtu, 20/04/2024 09:16 WIB

Usai Dirudali Iran, AS Perkuat Pangkalan di Irak

Pasukan AS juga menyiapkan kawat berduri dan berbagai struktur pertahanan bersama dengan tanda peringatan di sekitar pangkalan.

Gambar satelit 8 Januari 2020 yang dirilis oleh Planet Labs Inc. Laporan INI menunjukkan kerusakan pada pangkalan udara Ain al-Asad AS di Irak barat, setelah ditabrak puluhan rudal dari Iran. (Foto: AFP)

Baghdad, Jurnas.com - Pasukan Amerika Serikat (AS) berusaha memperluas fasilitas dan meningkatkan pertahanan setelah serangan rudal Iran terhadap pangkalan udara Ain al-Assad, Irak.

Kantor berita al-Maalomah Irak mengatakan, pasukan Paman Sam mulai memperluas area pangkalan dan mengembangkan lebih lanjut struktur yang mengakomodasi pasukan AS.

Menurut laporan itu, pasukan AS juga menyiapkan kawat berduri dan berbagai struktur pertahanan bersama dengan tanda peringatan di sekitar pangkalan.

Ditambahkan, pasukan Irak di dalam pangkalan udara itu tidak mengetahui langkah-langkah AS karena perincian mengenai gerakan itu terbatas pada yurisdiksi Kantor Panglima Angkatan Bersenjata Irak.

Laporan itu muncul hampir sebulan setelah pangkalan itu menjadi sasaran rudal utama Iran dalam menanggapi pembunuhan Letnan Jenderal Qassem Soleimani pada 3 Januari.

Presiden Donald Trump awalnya mengklaim bahwa serangan itu hanya mengakibatka sedikit kerusakan materi. Ia juga mengkonfirmasi bahwa tidak ada pasukannya yang terluka.

Washington sejak itu secara bertahap mengkonfirmasi korban serangan tersebut. Laporan terbaru mengklaim bahwa 64 tentara AS terluka akibat serangan tersebut.

Langkah-langkah pertahanan AS yang dilaporkan juga datang ketika kelompok-kelompok perlawanan Irak dan tokoh-tokoh berpengaruh berjanji akan memobilisasi kehadiran AS di negara itu, jika Washington tidak menarik pasukan dari Irak.

Pada 5 Januari, parlemen Irak memberikan suara untuk mengusir pasukan AS dari negara itu sebagai tanggapan atas pembunuhan Jenderal Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis, komandan Mobilisasi Populer Irak (PMU).

KEYWORD :

Qassem Soleimani Amerika Serikat Pangkalan Militer AS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :