Jum'at, 19/04/2024 05:05 WIB

Ditendang Barcelona, Begini Catatan Valverde di Camp Nou

Valverde meninggalkan Camp Nou setelah memimpin 145 pertandingan sebagai manajer Barcelona

Ernesto Valverde bersama Zinedine Zidane (foto: Soccerway)

Jakarta, Jurnas.com - Liverpool dan Jeddah telah memastikan nasib Ernesto Valverde sebagai manajer Barcelona berakhrir.

Valverde resmi dipecat Blaugrana usai tak mampu berbicara banyak di kancah Liga Champions dan Super Spanyol, Senin (13/01) waktu setempat.

Ia pun menjadi pelatih pertama yang dipecat Tim Katalan di pertengahan musim sejak 2003 silam. Di tahun itu, Barca pernah memecat manajer asal Belanda Louis van Gaal.

Dilansir Marca, Valverde meninggalkan Barcelona di puncak LaLiga Santander setelah memenangkan gelar dalam dua musim berturut-turut sebelumnya.

Selama dua setengah tahun di puncak liga Spanyol. Dari 95 hari pertandingan yang menjadi pelatih Valverde, Barcelona berada di puncak klasemen untuk 81 di antaranya.

Dalam hal gol, tim Valverde mencetak 238 (2,5 per pertandingan) dan kebobolan 88 (0,92 per pertandingan) di LaLiga Santander.

Rekornya di Copa del Rey juga tidak buruk. Barcelona mencapai final di kedua kampanye penuhnya yang bertanggung jawab, memenangkan yang 2018 melawan Sevilla dan kehilangan 2019 ke Valencia.

Namun di Liga Champions di mana Valverde gagal, dengan kekalahan memalukan untuk Roma dan Liverpool terutama merusak reputasinya.

Pukulan terakhir datang di Arab Saudi ketika Barcelona membuang keunggulan lain, kali ini di semifinal Supercopa de Espana melawan Atletico Madrid.

Valverde meninggalkan Camp Nou setelah memimpin 145 pertandingan sebagai manajer Barcelona, menang 97, seri 32 dan kalah 16.

KEYWORD :

Klub Barcelona Pemecatan Pelatih Ernesto Valverde




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :