Selasa, 23/04/2024 14:40 WIB

Megawati Ceritakan Nasihat Bung Karno Saat Diganjal Kuliah

Megawati mengatakan tidak tahu kenapa sejumlah universitas dalam negeri ataupun luar negeri berniat mengapresiasi dirinya melalui gelar kehormatan

Megawati Soekarnoputri

Tokyo, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri bakal memperoleh gelar doktor honoris causa (DR HC) dari Universitas Soka di Tokyo, Jepang, lusa. Gelar ini akan menjadi DR HC ke sembilan baginya. Bahkan, sehabis Universitas Soka, dijadwalkan akan menerima penganugrahan kembali.

Namun, Megawati mengatakan tidak tahu kenapa sejumlah universitas dalam negeri ataupun luar negeri berniat mengapresiasi dirinya melalui gelar kehormatan.

"Ya saya tidak tahu. Kan bukan saya yang nyari. Tapi kan orang mungkin melihat saya. Mungkin dengar dari omongan dari pidato saya" ujar Megawati saat berbincang dengan media di Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang (6/1/2020).

Karena bagi Megawati, belajar jangan hanya mengejar gelar yang hanya sebuah tanda. Tapi harusnya juga fokus mencari ilmu pengetahuan.

Sebelum berbincang dengan media, Megawati bertemu dengan Pimpinan Soka Gakkai International dan Universitas Soka Tokyo.

Presiden kelima RI ini pun menceritakan saat dirinya tak bisa menyelesaikan kuliah dan mendapat nasihat dari ayahanda, Presiden pertama RI Soekarno.

"Jadi ketika saya tidak dibolehkan kuliah karena keadaan politik, ayah saya hanya mengatakan begini. `Udah cari ilmu pengetahuan dimana saja`. Jadi maksudnya saya otodidak. Dari situ saya senang baca, bertanya, saya senang diskusi dan hal itu yang mungkin membuat akhirnya ada nilai sehingga orang berikan honoris causa pada saya," papar Megawati.

KEYWORD :

Honoris Causa Megawati Soekarnoputri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :