Kamis, 25/04/2024 11:43 WIB

Inggris Kirim Dua Kapal Perang ke Teluk Persia

Pemerintah Inggris dikabarkan telah mengirim dua kapal perang ke Teluk Persia

Dua kapal perang Inggris (foto: Metro.uk)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Inggris dikabarkan telah mengirim dua kapal perang ke Teluk Persia dalam upaya untuk melindungi warga setelah keputusan Donald Trump untuk membunuh jenderal top Iran Qassem Soleimani.

"Pemerintah telah memerintahkan kapal pada Sabtu malam untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kapal dan warga kami saat ini," Menteri Pertahanan Ben Wallace dilansir Metro, Minggu (05/01).

Dalam sebuah pernyataan, Wallace juga mengatakan Presiden Trump bertindak secara sah dalam keputusannya untuk meluncurkan serangan udara AS di Bandara Baghdad menewaskan Soleimani.

Dia juga mengatakan HMS Montrose dan HMS Defender telah dikirim kembali melanjutkan patroli maritim di Selat Hormuz, antara Teluk Persia dan Teluk Oman.

"Mereka akan menemani kapal-kapal berbendera Inggris untuk memastikan mereka berhasil melewati Selat, yang merupakan daerah yang sangat rentan karena 30 persen minyak dunia melewatinya dari Teluk ke lautan," katanya.

"Kemarin saya berbicara dengan Menteri Luar Negeri, Esper, dan kami mendesak semua pihak untuk terlibat untuk tidak memperburuk situasi," tambahnya.

Selama beberapa bulan terakhir pasukan AS di Irak, yang bermarkas di Irak atas undangan pemerintah Irak, telah berulang kali diserang oleh milisi yang didukung Iran.

KEYWORD :

Kapal Perang Pemerintah Inggris Teluk Persia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :