Kamis, 25/04/2024 16:27 WIB

Presiden Erdogan Wujudkan Mobil Listrik Lokal

Lebih dari 100 insinyur Turki bekerja untuk mewujudkan proyek tersebut. 

Presiden Turki, Tayyip Erdogan (Foto: Reuters)

Istanbul, Jurnas.com - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan memperkenalkan prototipe mobil listrik lokal pertama, TOGG, sebuah langkah yang menurutnya akan mewujudkan impian lama negaranya itu.

"Hari ini, kita bersama-sama menyaksikan hari bersejarah mewujudkan mimpi 60 tahun Turki," kata Erdogan pada upacara pembukaan mobil di kawasan industri di provinsi Kocaeli, Jumat (27/12).

Menurut Erdogan, lebih dari 100 insinyur Turki bekerja untuk mewujudkan proyek tersebut. "Kami tidak membeli lisensi atau izin dari siapa pun, kami menentukan sendiri semua fitur teknisnya."

Erdogan menekankan bahwa Turki akan melawan semua upaya yang akan menghambat produksi mobilnya sendiri. "Mereka berhasil menghambat produksi Devrim (mobil buatan Turki pertama) tetapi mereka tidak akan dapat menghalangi mobil ini," tambahnya.

Turki pertama kali mencoba memproduksi mobil sendiri pada tahun 1961, "Devrim" (Revolusi), tetapi tidak pernah berhasil melewati tahap prototipe.

"Turki bukan hanya pasar bagi teknologi baru tetapi telah menjadi negara yang mengembangkan, memproduksi dan mengekspornya ke seluruh dunia," kata Erdogan.

Erdogan mengatakan bahwa pabrik untuk mobil pertama Turki akan dibuka di distrik Gemlik di provinsi Bursa. Mobil tersebut tidak akan mencemari lingkungan karena beroperasi dengan teknologi nol emisi.

Dalam pidatonya, Erdogan mengumumkan dirinya melakukan pemesanan awal mobil itu sebelum diproduksi.

Ia kemudian menelusuri salah satu mobil yang dipajang di panggung. Kedua model yang diluncurkan pada Jumat berwarna merah dan putih, untuk menandakan bendera Turki.

Pada Juni 2018, lima raksasa industri Turki; Grup Anadolu, BMC, Grup Kok, Turkcell dan Zorlu Holding serta organisasi payung, Usaha Patungan Joint Venture dan Persatuan Kamar Dagang dan Pertukaran Komoditas Turki, bergandengan untuk menciptakan mobil tersebut.

Turki telah memobilisasi 750 juta lira Turki (lebih dari USD126 juta) untuk mendanai inovasi dan pengembangan regional, menurut menteri industri dan teknologi Turki.

Mobil listrik akan memiliki lima model dengan rencana produksi 175.000 unit dalam setahun. (Anadolu)

KEYWORD :

Mobil Listrik Recep Tayyip Erdogan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :