Kamis, 18/04/2024 19:32 WIB

Antisipasi Kelangkan BBM, Pemerintah Aktifkan Posko Nataru

Tim Posko Nataru bertempat di ruang War Room Gedung BPH Migas Lantai 5 terhubung dengan Pusat Komando dan Kendali (Puskodal) kantor pusat PT. Pertamina (Persero) dan MOR 1 s.d 8 PT. Pertamina (Persero)

Depo pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM)

Jakarta, Jurnas.com - Tim Posko Nataru Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi mulai beroperasi 18 - 23 Desember 2019 dalam rangka menyambut Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Tim Posko beranggotakan Unit eselon I di lingkungan Kementerian ESDM dan Badan Usaha di bidang penyediaan BBM, gas, dan ketenagalistrikan.

"Posko Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Posko Nataru) dinyatakan resmi dibuka. Posko Nataru ESDM yang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. BPH Migas sesuai penugasan dari Menteri ESDM selain membuka Posko Nataru, tapi juga sudah melaksanakan kegiatan posko sejak bulan November lalu untuk melaksanakan pengendalian, jadi posko sudah berjalan," ujar Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Lebih lanjut Fanshurullah menjelaskan, posko tersebut menjalankan fungsinya untuk mengawasi dan mengantisipasi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM), khususnya BBM Bersubsidi dan BBM Penugasan.

Posko Nataru ESDM selanjutnya akan bertugas untuk melakukan pengumpulan/Inventarisasi data lapangan, Melakukan koordinasi dan pengawasan ke lapangan terhadap fasilitas penyediaan dan pendistribusian BBM, Gas dan Listrik dan Daerah Rawan Bencana serta titik konsentrasi arus aktifitas dan Tempat Wisata.

"Selain mengurusi masalah migas dan LPG, Posko Nataru juga akan mengurusi masalah geologi. Urusan terjadi masalah longsor, juga masuk didalam pengawasan Posko Nataru juga, "pungkas Fanshurullah.

Periode Pelaksanaan Posko Nasional Sektor ESDM Menghadapi Hari Raya Natal 2019 Dan Tahun Baru 2020 akan berlansung selama 22 hari yaitu H-7 dan H+14 Natal, sejak 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 yang terbagi dalam 2 shift yaitu shift I pukul 10.00 s.d 17.00 WIB dan shift II pulul 15.00 s.d 20.00 WIB.

Tim Posko Nataru bertempat di ruang War Room Gedung BPH Migas Lantai 5 terhubung dengan Pusat Komando dan Kendali (Puskodal) kantor pusat PT. Pertamina (Persero) dan MOR 1 s.d 8 PT. Pertamina (Persero) melalui video conference sehingga apabila ada kendala dalam penyaluran BBM di daerah dapat segera teratasi.

Pembentukan Posko Nataru ini merupakan upaya Pemerintah untuk menjamin penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak, Gas, Listrik dan antisipasi kebencanaan Geologi guna mendukung kelancaraan pelaksanaan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

KEYWORD :

Nataru Kelangkaan BBM BPH Migas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :