Kamis, 25/04/2024 11:35 WIB

Pemerintah Harus Waspadai Penangkapan Ikan Berlebih

Pasalnya, jika tidak ada regulasi ketat yang mengatur penangkapan ikan secara spesifik, maka ikan-ikan tertentu terancam menurun persediaannya di laut Indonesia akibat penangkapan berlebih (overfishing).

Ilustrasi penangkapan ikan (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com - The Nature Conservancy (TNC) Indonesia mendorong pemerintah lebih serius dalam melakukan pengelolaan di sektor perikanan.

Pasalnya, jika tidak ada regulasi ketat yang mengatur penangkapan ikan secara spesifik, maka ikan-ikan tertentu terancam menurun persediaannya di laut Indonesia akibat penangkapan berlebih (overfishing).

Dijelaskan oleh Conservation and Marine Planning Senior Manager TNC Indonesia, Glaudy Perdanahardja, di antara jenis ikan yang kerap menjadi sasaran ialah kerapu, kakap, dan kue.

"Karena semua nelayan tahu lokasi persis ikan-ikan itu di lautan. Maka, dari pada berpikir mencari ikan lain, lebih baik tinggal lempar kail dan umpan, pasti dapat," ujar Glaudy dalam kegiatan diskusi media di Jakarta pada Rabu (18/12).

Pengelolaan perikanan menjadi penting, karena Indonesia merupakan negara dengan ragam ikan terbesar di dunia. Model penangkapannya pun, lanjut Glaudy, juga beraneka ragam.

Kemudian, jumlah kapal penangkap di Indonesia sangat besar. Menurut TNC Indonesia, ada sekitar 500.000-600.000 kapal di laut dengan berbagai ukuran.

"80 persennya skala kecil atau di bawah 10 GT, yang itu tidak masuk dalam skema pengaturan pemerintah. Ini penting, jangan sampai ada ikan tertentu masuk kategori kritis," terang dia.

"Kakap, kerapu, dan tuna saat ini sudah ada beberapa indikasi mulai menurun stoknya," imbuh Glaudy.

Sebelum melakukan pengelolaan, Lead Scientist TNC Indonesia, Rizya Adiwijaya mengatakan pemerintah juga membutuhkan data yang reliabel.

Sering kali, banyak perguruan tinggi dan lembaga penelitian non kementerian (LPNK) tidak memiliki data yang utuh, akibat luasnya perairan Indonesia.

"Karena itu, kalau tersedia datanya, TNC tidak akan melakukan survei agar tidak tumpang tindih. TNC juga tidak menafikan semua saintis di luar sana," kata Rizya.

"Jadi setiap survei yang melibatkan saintis universitas lokal, TNC mundur beberapa langkah untuk memberikan jalan kepada universitas tersebut berperan sebagai leading role memonitoring ekologinya," tandas dia.

KEYWORD :

Penangkapan Ikan Berlebih Overfishing The Nature Conservancy




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :