Rabu, 24/04/2024 12:02 WIB

Pengusaha Prancis Diduga Terlibat Pembunuhan Jurnalis

Caruana Galizia menulis sekitar 17 Black kurang dari setahun sebelum kematiannya, mengaitkan operasinya dengan Schembri dan Mizzi.

Corinne Vella, saudara perempuan jurnalis yang terbunuh Daphne Caruana Galizia, berbicara kepada pers di Valletta, Malta, Sabtu

Jakarta, Jurnas.com - Pengusaha Malta Yorgen Fenech mengaku tidak bersalah atas keterlibatannya dalam pembunuhan jurnalis Daphne Caruana Galizia pada 2017 lalu.

Dilansir UPI, seorang hakim hakim mengirim Fenech ke tahanan dan dia dibawa ke penjara Corradino, lapor the Independent Malta. Pengadilan juga membekukan aset Fenech.

Pada sidang Sabtu malam, Fenech didakwa mempromosikan, mengorganisasi, atau membiayai asosiasi kriminal dengan maksud melakukan pelanggaran pidana; berpartisipasi aktif dalam asosiasi kriminal; terlibat dalam pembunuhan Caruana Galizia; dan bergaul dengan orang-orang dengan niat melakukan kejahatan.

Pada Selasa Keith Schembri, kepala staf Perdana Menteri Malta Joseph Muscat mengundurkan diri di tengah penyelidikan kematian Caruana Galizia dalam pemboman mobil tahun 2017.

Dua pejabat pemerintah lainnya - menteri pariwisata Konrad Mizzi dan menteri ekonomi Chris Cordona - juga mengundurkan diri .

Aktivis, termasuk keluarga Caruana Galizia, telah meminta Muscat untuk mengundurkan diri juga.

Tiga pria - saudara Alfred dan George Degiorgio dan teman mereka Vincent Muscat - dengan memicu bom itu sendiri. Investigasi yang lebih baru berfokus pada siapa yang memerintahkan pembunuhan dan mengapa.

Sampai pengunduran dirinya baru-baru ini dari kedua peran, Fenech, 38, menjabat sebagai kepala kelompok bisnis Tumas dan direktur perusahaan energi Electrogas.

Tahun lalu ia diidentifikasi sebagai pemilik perusahaan yang terdaftar di Dubai bernama 17 Black, yang terdaftar di Panama Papers, kumpulan dokumen rahasia yang bocor yang menunjukkan bagaimana perusahaan-perusahaan kaya dan berkuasa di seluruh dunia menggunakan bebas pajak untuk menghindari hukum.

Caruana Galizia menulis sekitar 17 Black kurang dari setahun sebelum kematiannya, mengaitkan operasinya dengan Schembri dan Mizzi.

KEYWORD :

Pengusaha Prancis Jurnalis Dhapne




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :