Jum'at, 19/04/2024 09:37 WIB

Resmikan Jember Kota Cerutu, La Nyalla: Kok Gak Ada Bupatinya?

Dalam acara tersebut, Bupati Jember tidak mengutus satu pejabat pun yang mewakili. Sedangkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengutus Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

La Nyalla Matalitti

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Matalitti menyindir absennya Bupati Jember, dr. Faida, dalam acara pengukuhan Jember sebagai Kota Cerutu pada Sabtu (23/11) malam.

Dalam acara tersebut, Bupati Jember tidak mengutus satu pejabat pun yang mewakili. Sedangkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengutus Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

"Saya kok tidak melihat ibu bupati ya, atau yang mewakili. Yang ada justru kepala dinas dan pejabat dari provinsi Jatim ini. Ada yang aneh sih menurut saya," sindir La Nyalla.

"Karena bagi saya, di tengah pelambatan ekonomi global saat ini, pemerintah daerah, utamanya bupati dan walikota harus mendorong dunia usaha untuk bekerja maksimal, dengan menciptakan iklim dunia usaha yang kondusif. Terutama mereka yang berorientasi ekspor," imbuh dia.

La Nyalla memberi apresiasi pengukuhan kota Jember sebagai Kota Berutu. Karena selain bisa menjadi ikon kalender wisata, juga menjadi peluang bisnis berbasis produk cerutu.

Apalagi acara tersebut juga dihadiri sejumlah buyer dari mancanegara. "Bahkan sudah diawali dengan penandatanganan kontrak dari beberapa buyer. Ini sejalan dengan target pendapatan pemerintah di sektor non migas sebesar 7,5 persen," papar dia.

Apalagi saat ini, lanjut dia, pemerintahan Presiden Jokowi sedang fokus menekan disparitas antara neraca impor dan ekspor Indonesia.

"Dari data yang saya baca, ekspor cerutu pada tahun 2018 menyumbang devisa sebesar US$108 juta. Sebuah angka yang patut kita beri tepuk tangan," ungkap La Nyalla.

KEYWORD :

La Nyalla DPD RI Bupati Jember




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :