Jum'at, 26/04/2024 01:53 WIB

Aplikasi TikTok Masuk Pengawasan Keamanan AS

Sejak saat itu TikTok menjadi sangat populer, salah satu dari sedikit perusahaan internet China yang populer di AS, dan merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh.

Layanan berbagi video, Tik Tok

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Amerika Serikat meluncurkan tinjauan keamanan nasional aplikasi musik-video populer TikTok, yang dimiliki oleh China ByteDance Inc.

Dikutip Boomberg, ByteDance yang berbasis di Beijing membeli Musical.ly dua tahun lalu seharga hampir US $ 1 miliar untuk menggabungkannya dengan TikTok.

Musical.ly, yang berbasis di Shanghai dan California dan hit yang berkembang pesat di AS pada waktu itu, dipandang sebagai cara bagi perusahaan China untuk berekspansi ke luar negeri dan memanfaatkan selera yang meningkat untuk video pendek.

Sejak saat itu TikTok menjadi sangat populer, salah satu dari sedikit perusahaan internet China yang populer di AS, dan merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh.

Komite Investasi Asing di AS, CFIUS, yang mengkaji kesepakatan oleh pengakuisisi asing untuk risiko keamanan nasional, telah mulai meninjau pembelian di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang pengaruh TikTok yang semakin besar.

Anggota parlemen AS telah menyerukan peninjauan keamanan nasional dalam beberapa pekan terakhir, menyebut TikTok sebagai "potensi ancaman kontra-intelijen yang tidak bisa kita abaikan."

TikTok, telah diunduh lebih dari 110 juta kali di AS dan popularitasnya yang semakin meningkat menciptakan "risiko keamanan nasional," tulis Senator Chuck Schumer dan Tom Cotton dalam sepucuk surat pekan lalu kepada Penjabat Direktur Intelijen Nasional AS Joseph Maguire. Kekhawatiran mereka termasuk keamanan data pada platform, potensi sensor dan kemungkinan kampanye pengaruh asing di AS.

Sementara itu, Senator Marco Rubio juga menulis kepada Departemen Keuangan, yang memimpin CFIUS, awal bulan lalu untuk meninjau pembelian ByteDance untuk Musical.ly.

“Saya tetap sangat prihatin bahwa platform atau aplikasi apa pun yang memiliki kepemilikan Tiongkok atau tautan langsung ke Cina, seperti TikTok, dapat digunakan sebagai alat oleh Partai Komunis Tiongkok untuk memperluas sensor otoriter informasi di luar perbatasan Tiongkok dan mengumpulkan data jutaan orang. pengguna yang tidak curiga, “kata Rubio dalam sebuah pernyataan Jumat.

"Saya menyambut berita hari ini bahwa penyelidikan dilaporkan telah dibuka."

Perwakilan TikTok di AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sementara perusahaan tidak dapat mengomentari proses regulasi yang sedang berlangsung, TikTok telah menjelaskan bahwa kita tidak memiliki prioritas lebih tinggi daripada mendapatkan kepercayaan dari pengguna dan regulator di AS. Bagian dari upaya itu termasuk bekerja dengan Kongres dan kami berkomitmen untuk melakukannya.

CFIUS sedang berbicara dengan TikTok tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghindari divestasi aset Musical.ly yang diperolehnya, lapor Reuters.

TikTok, sebuah aplikasi yang dikenal untuk twerking dan menyanyikan lagu beruang bergetah remaja, telah semakin populer di kalangan remaja AS ketika ketegangan meningkat antara AS dan Cina terkait perdagangan dan teknologi.

TikTok telah diinstal oleh sekitar 564 juta pengguna sejauh ini tahun ini dan telah diinstal 1,45 miliar kali sejak diluncurkan. Pengguna baru AS tumbuh 11 persen menjadi tiga juta pada Juli, menurut Sensor Tower, naik dari 2,7 juta setahun sebelumnya. Aplikasi ini telah menjadi saingan sejati bagi Facebook dan Instagram.

Kepala Eksekutif Facebook Mark Zuckerberg bahkan membunyikan alarm pada TikTok saat berpidato di Georgetown di Washington pada pertengahan Oktober. Zuckerberg mengatakan bahwa sementara WhatsApp, aplikasi pesan terenkripsi yang dimiliki perusahaannya, digunakan di seluruh dunia oleh pengunjuk rasa dan orang lain yang membutuhkan perlindungan kebebasan berbicara, TikTok tidak menawarkan itu.

"Di TikTok, aplikasi China tumbuh dengan cepat di seluruh dunia, menyebutkan protes ini disensor, bahkan di AS," katanya, merujuk pada protes yang terjadi di Hong Kong. "Apakah itu internet yang kita inginkan?"

KEYWORD :

Aplikasi TikTok Pengawasan Keamanan Amerika China ByteDance Inc Komite Investasi Asing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :