Jum'at, 19/04/2024 11:31 WIB

Bayi Lahir tanpa Wajah, Dokter di Portugal Ditangguhkan

Dewan Medis Portugal dengan suara bulat menangguhkan Dr Artur Carvalho dari berlatih selama enam bulan.

Foto kaki bayi. (Foto: News Asia)

Libson, Jurnas.com - Pemerintah Portugal menangguhkan seorang dokter kandungan yang diduga lalai setelah seorang bayi lahir tanpa wajah. Kasus itu mengejutkan negara itu.

Bayi itu, Rodrigo, lahir pada 7 Oktober tanpa hidung, mata atau bagian dari tengkoraknya, tetapi kelainan itu hanya ditemukan selama persalinannya di sebuah rumah sakit di Setubal, sekitar 40 km selatan Lisbon.

Dewan Medis Portugal dengan suara bulat menangguhkan Dr Artur Carvalho dari berlatih selama enam bulan.

Dewan membuka penyelidikan setelah orang tua korban membuat pengaduan dan setelah insidrn kelahiran itu menjadi berita utama.

"Ada bukti kuat kelalaian dokter, yang dapat menyebabkan sanksi disipliner," kata Alexandre Valentim Lourenco, kepala dewan medis untuk wilayah selatan mengatakan kepada penyiar RTP.

Mengingat dampak dari kasus ini, yang memiliki dampak pada reputasi dokter dan untuk meyakinkan wanita hamil. Ia mengatakan penangguhan itu diperlukan untuk mengevaluasi keluhan.

Caravalho mengikuti kehamilan ibu Rodrigo di sebuah klinik swasta di Setubal di mana ia melakukan tiga ultrasonografi wajib tetapi tidak melaporkan masalah apa pun.

Para orang tua diberitahu tentang kemungkinan anomali janin setelah mereka meminta tes ultrasonografi lanjutan pada bulan keenam kehamilan. tetapi diyakinkan oleh dokter.

"Ia menjelaskan bahwa kadang-kadang beberapa bagian wajah tidak terlihat (pada ultrasound) ... ketika wajah bayi terpaku pada perut ibu," kata Joana Simao, saudara perempuan ibu itu, kepada penyiar TVI 24.

Hingga kini, bayi itu masih di rawat di rumah sakit tempat ia dilahirkan.

KEYWORD :

Dokter Kandungan Dewan Kesehatan Bayi Cacat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :