Jum'at, 26/04/2024 06:45 WIB

Kerusuhan Chile Berlanjut, Pertokoan Dijarah

Polisi menggunakan gas air mata dan aliran air untuk membubarkan pawai oleh ratusan mahasiswa dan anggota serikat di salah satu jalan utama Santiago, tetapi para demonstran yang pada awalnya bubar kemudian melakukan reformasi di tempat lain.

Kerusuhan di Chile (Foto: AP)

Santiago, Jurnas.com - Para pengunjuk rasa menentang keputusan darurat dan menghadapi polisi di ibukota Chili Senin (21/10), melanjutkan bentrokan kekerasan, pembakaran dan penjarahan yang telah menewaskan sedikitnya 11 orang mati dan membuat presiden mengatakan negara itu `dalam perang`.

Polisi menggunakan gas air mata dan aliran air untuk membubarkan pawai oleh ratusan mahasiswa dan anggota serikat di salah satu jalan utama Santiago, tetapi para demonstran yang pada awalnya bubar kemudian melakukan reformasi di tempat lain.

Sementara itu, polisi dan tentara menjaga orang-orang Chili yang membentuk antrean panjang di luar supermarket sebelum mereka buka kembali setelah banyak yang tutup selama akhir pekan di mana lusinan toko dijarah atau dibakar.

Hanya satu dari enam jalur kereta bawah tanah kota yang beroperasi karena para perusuh membakar atau merusak banyak stasiun, dan para pejabat mengatakan perlu waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk memulihkan layanan sepenuhnya.

Dikutip dari Associated Press pada Selasa (22/10), sekitar 2 juta siswa terpaksa tinggal di rumah dari kelas dan banyak orang tidak dapat mencapai pekerjaan.

Presiden Konservatif Sebastián Piñera mengatakan Minggu malam bahwa negara itu "berperang dengan musuh yang kuat dan tak kenal belas kasihan yang tidak menghargai siapa pun atau siapa pun dan bersedia menggunakan kekerasan dan kejahatan tanpa batas." Tetapi dia tidak mengidentifikasi musuh tertentu.

Setelah menerima kritik atas komentarnya, ia mengatakan pada Senin bahwa ia akan bertemu dengan anggota pemerintahannya dan oposisi "untuk mengeksplorasi dan melakukan kesepakatan sosial untuk solusi yang lebih baik untuk masalah yang mempengaruhi Chili."

Pemerintah juga sedang mengerjakan rencana rekonstruksi yang akan mencakup ratusan juta dolar dalam infrastruktur yang rusak selama protes, kata Piñera.

Pendahulunya sebagai presiden, Michelle Bachelet, mengeluarkan pernyataan yang menyerukan dialog dan mendesak semua pihak untuk bekerja "menuju solusi yang berkontribusi untuk menenangkan situasi."

Sekarang komisaris tinggi AS untuk hak asasi manusia, Bachelet menyerukan penyelidikan atas semua tindakan, oleh pemerintah atau pengunjuk rasa, "yang telah menyebabkan cedera dan kematian."

Protes telah mengguncang suatu negara yang terkenal akan stabilitas ekonomi selama beberapa dekade terakhir, yang telah menyaksikan kemiskinan yang terus menurun meskipun tingkat ketidaksetaraan yang terus-menerus tinggi.

Keresahan itu dipicu oleh kenaikan yang relatif kecil pada tarif kereta bawah tanah kurang dari 4 persen, tetapi para analis mengatakan protes itu diatasi oleh rasa frustrasi dari perasaan lama dari banyak warga Chili bahwa mereka tidak berbagi dalam kemajuan negara.

"Saya memprotes putri saya, untuk istri saya, untuk ibu saya, bukan hanya untuk 30 peso Metro - untuk gaji rendah, untuk hak istimewa kelas politik, untuk gaji jutawan mereka," kata Andres Abregu, seorang pengemudi Uber yang mengeluh dia masih membayar hutang pelajar dan tidak bisa memberikan kehidupan yang layak bagi keluarganya.

Patricio Navia, seorang profesor di Pusat Studi Amerika Latin dan Karibia di New York University, mengatakan bahwa pengunjuk rasa "merasa pemerintah lebih peduli pada orang kaya dan bahwa program sosial membantu orang yang sangat miskin, tetapi penduduk lainnya dibiarkan peduli. untuk mereka sendiri."

"Mereka tidak cukup miskin untuk mendapatkan subsidi pemerintah atau cukup kaya untuk mendapatkan kredit pajak pemerintah. Mereka memberontak untuk membuat suara mereka didengar," katanya.

Kalau tidak, protes damai Chili juga sering digunakan sebagai batu loncatan untuk aksi yang lebih keras oleh faksi-faksi garis keras yang ingin membalikkan sistem sosial.

"Ketika protes berjalan, ini dapat ditafsirkan sebagai harapan. Orang menginginkannya," kata Navia. "Ya, ada kehancuran dan penjarahan, ya. Tapi mayoritas orang mendukung protes damai. Bahkan, kerusuhan mungkin merusak dukungan untuk protes."

KEYWORD :

Kerusuhan Chile Demonstran Pertokoan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :