Kamis, 25/04/2024 01:05 WIB

Kolaborasi Budaya Indonesia-Jepang di Osaka

Indonesia-Japan Festa 2019 pertama kali diadakan di Osaka tahun 2018 untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

Indonesia-Japan Festa 2019 di Riverplace Plaza Namba Hatch, Osaka, 5-6 Oktober 2019.

Osaka, Jurnas.com - Indonesia-Jepang memperkuat hubungan, khususnya melalui people-to-people contact dan pertukaran budaya, serta kerja sama ekonomi.

Demikian kata Konsul Jenderal RI di Osaka, Mirza Nurhidayat, pada pembukaan Indonesia-Japan Festa 2019 yang bertema "Experience Our Wonderful Culture, Explore Our Creative Economy" di Riverplace Plaza Namba Hatch, Osaka, 5-6 Oktober 2019.

Pada acara tersebut, sejumlah industri Indonesia dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) berpartisipasi mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif, mulai dari kuliner, kesehatan, kecantikan, fashion, biro perjalanan, dan sebagainya.

"Sesuai dengan tema tersebut, kami tampilkan beragam pertunjukan budaya dan produk-produk ekonomi kreatif hasil kerajinan masyarakat Indonesia," ujar Mirza.

Selain itu, Konjen Mirza juga berharap generasi muda di Jepang, dapat lebih mengenal Indonesia. Oleh karena itu, tahun ini Indonesia-Japan Festa juga menghadirkan performer-performer muda, antara lain Syn.Chordia yang digawangi Ghaida, mantan anggota JKT48 dan Bagus, serta idol group dari Himeji, yaitu KRD 8. Dozan 11, penyanyi dengan genre musik reggae dari Osaka, juga turut memeriahkan festival selama dua hari.

Pertunjukan seni tradisional Indonesia tentunya menarik perhatian pengunjung festival. Grup kesenian Hana Joss membawakan pertunjukan wayang kulit yang membuat pengunjung bertahan hingga malam hari.

Kelompok kesenian lainnya, Chandra Baskara, menyuguhkan Sendratari Legong Lasem. Selain itu, para pengunjung juga berkesempatan mencoba membuat batiknya sendiri di workshop batik.

Undian berhadiah tiket pesawat gratis dan voucher menginap di Bali juga menjadi upaya meningkatkan kunjungan wisatawan Jepang ke Indonesia. Dua orang Jepang beruntung mendapatkan hadiah utama tersebut.

"Pengunjung pun menikmati rangkaian acara selama festival. “Acara ini menyenangkan sekali, saya harap Indonesia-Japan Festa ini akan diadakan lagi tahun depan," ujar salah satu pengunjung.

Indonesia-Japan Festa 2019 pertama kali diadakan di Osaka tahun 2018 untuk memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang. Tahun ini, penyelenggaraan festival didukung oleh berbagai pihak, antara lain Kementerian Pariwisata, Misato Town Government, BI, BNI, dan Japan-Indonesia Business Association.

KEYWORD :

Hubungan Bilateral Indonesia Jepang Indonesia-Japan Festa 2019




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :