Sabtu, 20/04/2024 08:51 WIB

Ma`ruf Cahyono Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Pekan Konstitusi MPR 2019

Lomba ini dalam rangka memperingati Hari Konsitusi 2019 beberapa waktu lalu. 

Sekretaris Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Ma`ruf Cahyono (paling kiri) bersama para pemenang Lomba Pekan Konstitusi MPR RI 2019.

Yogyakarta, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI Dr. H. Ma’ruf Cahyono, SH., MH., menyerahkan hadiah Lomba Academic Constitutional Drafting 2019 dan Lomba Debat Konstitusi 2019 yang diselenggarakan oleh MPR RI. Lomba ini dalam rangka memperingati Hari Konsitusi 2019 beberapa waktu lalu. 

Prosesi penyerahan hadiah ini dilakukan bersamaan dengan penyelenggaraan puncak Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019 di Grha Sabha Pramana, Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) Bulaksumur, Yogyakarta, Rabu (11/9/20019).

Tidak kurang dari tiga ribu pelajar dan mahasiswa, serta undangan lainnya menyaksikan peristiwa ini. Di antara mereka terdapat tamu kehormatan, yaitu Gubernur Provinsi DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X yang sekaligus membuka acara puncak festival.

Hadir juga Ketua KPK Agus Rahardjo, Wakil Ketua MK Aswanto, dan Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono beserta para mahasiswa dan sivitas akademi UGM.

Dalam suasana yang meriah itulah Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono menyerahkan hadiah kepada para pemenang, yang dalam hal ini diwakili oleh tiga peraih gelar juara. Juara pertama lomba debat konstitusi diraih oleh Universitas Sumatera Utara (USU) diwakili mahasiswa USU Febry Indra Gunawan.

Kemudian hadiah juara pertama lomba Academic Constitutional Drafting dimenangkan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang diterima oleh mahasiswa Undip Farid Ibrahim. Sementara UGM sebagai juara Akademic Constitutional Drafting untuk kategori naskah terbaik, hadiahnya  diterima oleh Jery Hutagalung.

Lembaga negara MPR memang menjadi bagian dari acara Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019 bersama KPK, MK, dan UGM berperan sebagai tuan rumah.

Rektor UGM Prof. Panut Mulyono, selaku tuan rumah menjelaskan, Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019 ini telah dimulai sejak kemarin, Selasa (10/9/2019). Diawali dengan berbagai kegiatan, antara lain Diskusi Panel bertema Evaluasi Pelaksanaa UUD NRI Tahun 1945, Talkshow, serta Pameran Perustakaan yang diikuti oleh MPR, KPK, MK, dan UGM.

Sedangkan pada hari ini, Rabu (11/9/2019), yang sekaligus hari terakhir kegiatan Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019, selain diisi penyerahan untuk pemenang lomba Debat Konstitusi dan lomba Academic Constitutional Drafting, juga diisi dengan kegiatan penandatangan Fakta Integritas Antikorupsi. Ditandatangani oleh Ketua KPK Agus Rahardjo, Wakil Ketua MK Aswanto, Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono, dan Rektor UGM Prof. Panut Mulyono, disaksikan Sultan Hemengku Buwono.

“Hari ini dari Yogya kita gaungkan gerakan anti korupsi untuk dunia,” ungkap Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya.

Puncak kegiatan Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019 ini  ditutup dengan Talkshow bertema "Ukir Integritasmu! Mewujudkan Budaya Konstitusi dan Antikorupsi." Acara yang dipandu oleh presenter kondang Valerina Daniel ini menghadirkan narasumber: Agus Rahardjo, Ma’rut Cahyono, Aswanto, dan Prof. Panut Mulyono. Acara talkshow ini disimak oleh ribuan  mahasiswa dan sivitas akademika UGM.

KEYWORD :

Lomba Pekan Konstitusi MPR 2019 Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2019 Sesjen MPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :