Jum'at, 19/04/2024 22:41 WIB

Jawaban Mitos yang Sering Didengar Ibu Hamil

Di bawah ini ada empat jawaban atas empat mitos yang sering didengar para ibu hamil, simak yuk!

ilustrasi kehamilan

Jurnas.com - Jika mendengar kabar seseorang tengah hamil, atau Anda sendiri yang mengalami kehamilan, tentu akan banyak informasi berseliweran menghampiri untuk menasihati Anda.

Ya, ibu hamil memang memerlukan banyak perhatian dari orang sekitar, hal ini yang membuat beberapa mitos yang tercipta dari dulu dan turun-temurun terus berkembang dan terdengar hingga kini.

Namun, apakah benar adanya ucapan mitos-mitos tersebut? Di bawah ini ada empat jawaban atas empat mitos yang sering didengar para ibu hamil.

1. Minum kopi sebabkan tanda lahir pada bayi

Banyak masyarakat yang meyakini bahwa wanita yang sering minum kopi saat hamil akan membuat bayi memiliki tanda lahir di badannya. Tanda lahir berwarna kecoklatan pada bayi seringkali dikaitkan dengan konsumsi kopi saat hamil.

Faktanya, meminum 1-2 cangkir kopi saat hamil tak berpengaruh pada kesehatan dan perkembangan kulit bayi yang sedang dikandung.

2. Makan banyak, karena untuk 2 orang. 

Mitos ini benar-benar menjebak. Menjebak karena bisa dengan mudah percaya sama ibu hamil karena alasannya yang masuk akal. Tapi tetap saja asupan makanan ibu dan janin harus dikontrol dan tidak boleh terlalu mahal.

Jadi faktanya saat hamil seorang ibu harus memerhatikan nutrisi dengan asupan nutrisi yang seimbang. Terlalu banyak makan sebaliknya akan menambah besar dan berat badan sehingga bisa menyulitkan proses persalinan.

3. Bentuk perut tunjukkan jenis kelamin bayi.

Ada anggapan jika wanita hamil membentuk perutnya maju atau Arah perut membuncit ke atas menandakan bayi dalam kandungan adalah bayi laki-laki. Sementara jika bentuk perutnya melebar atau bentuk perut rendah kamu akan punya bayi perempuan.

Nyatanya bentuk perut saat hamil ditentukan oleh tonus otot. Bentuk tubuh usia kehamilan di dalam rahim dan tidak berkorelasi dengan jenis kehamilan. Selain itu, tak ada bukti yang akurat dari mitos ini.

4. Minum air kelapa meningkatkan persalinan dan menyuburkan rambut anak

Jadi tidak ada penelitian yang bisa membuktikan hal ini, karena kelancaran persalinan diperlukan oleh banyak faktor. Kalaupun sesaat setelah minum air kelapa bisa hamil dengan mudah, mungkin janin dalam perut memang sudah menunjukkan tanda-tanda persalinan.

Sementara mitos yang mengonsumsi air kelapa hijau dapat membuat rambut anak menjadi lebat sebenarnya tidak ada korelasinya juga. Justru mengonsumsi air kelapa yang sebenarnya dapat membantu mengatasi kekurangan dan elektrolit yang terjadi pada ibu dan bayi selama trimester pertama.

KEYWORD :

Mitos Kehamilan Ibu Hamil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :