Kamis, 25/04/2024 20:00 WIB

Tak Hanya untuk Bayi, Ini Manfaat Penting ASI bagi Ibu

Tak hanya ASI yang memiliki banyak kebaikan untuk bayi, kegiatan menyusui pun memiliki banyak manfaat untuk bayi, bahkan untuk Anda sang ibu. 

Ilustrasi ibu menyusui (foto:google)

Jakarta, Jurnas.com - Ada alasannya mengapa menyusui dirayakan selama seminggu penuh di seluruh dunia, mengapa Kementerian Kesehatan RI selalu menggembar-gemborkan manfaat ASI dan menyusui, dan mengapa ASI serta menyusui kerap menjadi bahan perbincangan dan bahkan perdebatan di kalangan para ibu.

Alasannya, karena ASI dan menyusui memang sepenting itu dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil dan menjaga kesehatan ibu.

ASI merupakan nutrisi ideal dan satu-satunya makanan yang dibutuhkan bayi pada bulan pertama kehidupannya. Komposisi ASI paling sempurna, baik secara kualitas maupun kuantitas, dan memiliki berbagai keunggulan yang dapat menunjang kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

Berikut ini berbagai keunggulan ASI untuk tumbuh kembang si kecil:

1. Kaya akan asam amino, AA, DHA, vitamin A, D, E, K, B-karoten, dan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium, kalium, fosfor, dan sulfur yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi.

2. Dilengkapi dengan hormon dan enzim yang membantu pencernaan bayi

3 Kandungan nutrisi dalam ASI dapat berubah-ubah sesuai dengan usia dan pertumbuhan si kecil

4. Dapat melindungi si kecil dari berbagai penyakit, karena mengandung sel-sel imun seperti immunoglobulin yang mencegah anak dari infeksi telinga, infeksi pernapasan, infeksi saluran cerna, infeksi saluran kemih, penyakit kulit seperti ruam eksim/eczema

5 Menurunkan risiko terkena penyakit metabolik ketika dewasa nanti.

Dokter spesialis anak dan konselor laktasi dr. Yovita Ananta, Sp. A, MHSM, IBCLC menjelaskan tak hanya ASI yang memiliki banyak kebaikan untuk bayi, kegiatan menyusui pun memiliki banyak manfaat untuk bayi, bahkan untuk Anda, sang ibu.

Menyusui dapat membantu menurunkan berat badan setelah kehamilan, menjaga kesehatan mental dan fisik, menurunkan risiko depresi setelah persalinan, sebagai kontrasepsi alami, menguatkan tulang, hingga menurunkan risiko penyakit jantung serta kanker payudara.

"Yang terpenting, menyusui mampu menguatkan hubungan antara ibu dan si kecil. Namun, meski proses menyusui berlangsung secara alami, memang tak semua ibu (juga bayinya) langsung bisa lancar menjalani proses ini," ujar dokter yang praktik di RS Pondok Indah Pondok Indah ini kepada Jurnas.com.

KEYWORD :

Ibu Menyusui Pekan ASI 2019 Manfaat ASI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :