Selasa, 16/04/2024 19:32 WIB

Inggris Tolak Pertukaran Kapal Tanker dengan Iran

Penolakan Inggris atas pertukaran kapal tanker dengan Iran bertentangan dengan posisi yang mengakomodasi terhadap Teheran di Paris, Berlin dan markas besar Uni Eropa di Brussels. 

Kapal perang Inggris di Teluk Persia (Foto: AP)

Jakarta, Jurnas.com - Inggris menolak kemungkinan pertukaran tanker minyak dengan Iran, sebuah keputusan yang kemungkinan akan membuat London lebih sulit untuk mengumpulkan dukungan UE untuk koalisi angkatan laut Eropa untuk melindungi pengiriman di Teluk.

Pengumuman oleh menteri luar negeri baru, Dominic Raab, diatur untuk lebih meningkatkan ketegangan di Teluk, di mana negara-negara barat dan beberapa sekutu mereka telah meningkatkan kehadiran angkatan laut mereka setelah Korps Pengawal Revolusi Islam Iran menangkap kapal tanker berbendera Inggris Stena Impero di Selat Hormuz pada 19 Juli.

Dilansir The National, hal Itu adalah yang terakhir dari serangkaian peningkatan Iran di sekitar Teluk, yang termasuk jatuhnya pesawat pengintai AS.

Pada 4 Juli, Marinir Kerajaan Inggris menangkap kapal tanker Iran Grace 1 dari Gibraltar, dengan mengatakan pihaknya mengangkut 2,1 juta barel minyak Iran ke rezim Suriah yang bertentangan dengan sanksi UE.

Presiden Iran Hassan Rouhani menyarankan pekan lalu kemungkinan pertukaran jika Inggris membalikkan tindakan salah mereka, termasuk apa yang mereka lakukan di Gibraltar.

“Ini bukan tentang semacam barter. Ini tentang hukum internasional dan aturan sistem hukum internasional yang ditegakkan dan itulah yang akan kami tekankan," katanya.

Raab mengatakan bahwa pelanggaran Grace I terhadap sanksi dianggap sebagai intersepsi yang sah, sebagai lawan dari Stena Impero, yang katanya ditahan secara tidak sah.

Raab mengatakan pemerintahnya masih berharap untuk membentuk pasukan angkatan laut perlindungan Eropa di Teluk. Dukungan Eropa untuk proposal sejauh ini kurang dan tidak jelas bagaimana itu akan masuk dalam proposal paralel AS untuk pasukan internasional.

Suddeutsche Zeitung melaporkan bahwa partai koalisi yunior telah menghalangi Berlin menawarkan kemampuan angkatan lautnya. Seorang anggota terkemuka partai parlementer SPD telah memperingatkan tentang risiko eskalasi yang sangat besar ketika London berbaris di belakang Washington.

"Setelah pengambilalihan oleh Boris Johnson masih harus dilihat apakah inisiatif lama yang diumumkan oleh pemerintah sebelumnya masih hidup," kata penjabat pemimpin parlemen SPD dan juru bicara kebijakan luar negeri, Rolf Mützenich.

"Inggris sekarang kembali ke misi militer berbendera Amerika yang kuat," tambahnya.

Memperhatikan keprihatinan regional dan upaya untuk mengurangi ketegangan, Mützenich mengatakan Jerman juga harus "melakukan segalanya untuk solusi diplomatik".

"Saya menyarankan mereka yang sekarang dengan tergesa-gesa berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah tertentu agar tidak mengganggu pembicaraan de-eskalasi," tambahnya.

Sementara itu Hans-Peter Bartels, Komisioner Angkatan Bersenjata Federal, mengkonfirmasi bahwa Berlin tidak dalam posisi untuk berkontribusi lebih banyak kapal. "Angkatan Laut Jerman diketahui berada pada batasnya," katanya.

Penolakan Inggris atas pertukaran kapal tanker dengan Iran bertentangan dengan posisi yang mengakomodasi terhadap Teheran di Paris, Berlin dan markas besar Uni Eropa di Brussels.

Kekuatan-kekuatan Eropa tidak mendukung perebutan Inggris atas Rahmat I dan telah menghindari penegakan sanksi serius UE yang dapat merusak dukungan Teheran bagi Presiden Bashar Al Assad. UE menolak pelanggaran terbaru Iran atas perjanjian nuklir 2015 sebagai tidak signifikan.

The HMS Duncan , kapal perang paling canggih Inggris, tiba di Teluk pada hari Minggu, bergabung dengan kapal perang Inggris lain di berpatroli wilayah tersebut.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan Washington juga telah meminta Jepang, Prancis, Jerman, Korea Selatan, Australia dan negara-negara lain untuk bergabung dengan pakta keamanan untuk melindungi pengiriman di Teluk.

KEYWORD :

Minyak Inggris Iran Selat Hormuz




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :