Selasa, 23/04/2024 15:42 WIB

AS Galang Sekutu Lawan Iran

Amerika Serikat menggalang sekutu untuk menciptakan pasukan keamanan internasional untuk melindungi pengiriman dari ancaman yang ditimbulkan oleh Iran di Selat Hormuz

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Amerika Serikat menggalang sekutu untuk menciptakan pasukan keamanan internasional untuk melindungi pengiriman dari ancaman yang ditimbulkan oleh Iran di Selat Hormuz, ketika angkatan laut Inggris mulai mengawal kapal-kapal berbendera Inggris melalui jalur air setelah perampasan sebuah kapal tanker minyak oleh pasukan Iran terakhir minggu.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan Jepang, Prancis, Jerman, Korea Selatan, Australia, dan negara-negara lain telah didekati untuk bergabung dengan inisiatif keamanan.

"Setiap negara yang memiliki kepentingan untuk memastikan bahwa saluran air itu terbuka dan minyak mentah dan produk lainnya dapat mengalir melalui Selat Hormuz perlu berpartisipasi," kata Pompeo dilansir The National.

Inisiatif AS ini mengikuti serangan baru-baru ini terhadap kapal-kapal di wilayah yang dituduh Washington terhadap Iran. Kedua negara berada dalam ketegangan yang semakin tegang atas sanksi AS yang berusaha untuk memotong ekspor minyak vital Iran.

Pompeo mengatakan, ia akan bersedia untuk melakukan perjalanan ke Iran untuk berbicara tentang krisis saat ini. Ketegangan telah meningkat sejak AS menarik diri dari perjanjian internasional 2015 dengan Iran untuk menghentikan program nuklirnya, dan memberlakukan kembali sanksi yang telah dicabut sebagai bagian dari perjanjian.

"Tentu. Jika itu panggilannya, saya akan dengan senang hati pergi ke sana," kata Pompeo. "Saya akan menyambut baik kesempatan untuk berbicara langsung kepada orang-orang Iran."

Iran telah menolak tawaran AS untuk menegosiasikan kembali kesepakatan sementara di bawah tekanan sanksi dan telah menuntut agar para penandatangan Eropa, termasuk Inggris, menemukan cara untuk memulihkan aksesnya ke pasar global.

Inggris membuat marah Iran dengan penyitaan sebuah kapal tanker Iran yang dimuat dari wilayah Mediterania, Gibraltar bulan ini karena dicurigai membawa minyak ke Suriah karena melanggar sanksi Uni Eropa. Penyitaan tanker minyak berbendera Inggris, Stena Impera di perairan Oman oleh Pengawal Revolusi Iran pada 19 Juli dipandang sebagai pembalasan oleh Teheran.

Sebagai tanggapan, pemerintah Inggris mengumumkan pada hari Kamis bahwa angkatan lautnya telah mulai mengawal kapal melalui Selat Hormuz, meskipun mengatakan sebelumnya bahwa mereka tidak memiliki kapasitas untuk melakukannya.

"Angkatan Laut Kerajaan telah ditugasi untuk menemani kapal-kapal berbendera Inggris melalui Selat Hormuz, baik secara individu atau dalam kelompok, seandainya ada pemberitahuan yang cukup tentang perjalanan mereka," kata seorang juru bicara pemerintah.

"Kebebasan navigasi sangat penting untuk sistem perdagangan global dan ekonomi dunia, dan kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk mempertahankannya."

KEYWORD :

Amerika Serikat Iran Selat Hormuz




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :