Sabtu, 20/04/2024 18:00 WIB

PDI Perjuangan Sebut Pidato Jokowi Bentuk Cara Berfikir Modern

Sebagai Presiden, Pak Jokowi memiliki sense of direction bagi masa depan bangsa.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan melalui Sekjen Hasto Kristiyanto menyampaikan apresiasi atas pidato penuh semangat yang disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam acara Visi Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Minggu (14/7/2019).

"Sebagai Presiden, Pak Jokowi memiliki sense of direction bagi masa depan bangsa," ujar Hasto di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Ia menjelaskan, Jokowi dalam pidato visi Indonesia Raya itu menjawab berbagai tantangan kemajuan teknologi, kompetisi antar bangsa. Kesemuanya menyentuh aspek paling mendasar, bahwa pembangunan manusia Indonesia menjadi kunci seluruh gerak kemajuan tersebut.

Kata Hasto, Presiden Jokowi secara jujur dan melihat secara jernih tantangan yang dihadapi, dan menegaskan betapa pentingnya pola pikir yang baru.

"Apa yang ditegaskan oleh Presiden bahwa tidak ada lagi pola pikir lama; Tidak ada lagi kerja linier, tidak ada lagi kerja rutinitas, tidak ada lagi kerja monoton, tidak ada lagi kerja di zona nyaman; dan ketegasannya bahwa Bangsa Indonesia harus berubah, adaptif, produktif, lebih kreatif, dan kompetitif, menunjukkan kuatnya pemahaman terhadap sense of direction tersebut," paparnya.

Bagi PDI Perjuangan, Hasto melanjutkan, menjadi pemimpin itu harus kokoh dalam prinsip, terlebih ketika berkaitan dengan Pancasila dan Kebhinnekaan Indonesia. Pemimpin juga harus memegang teguh konstitusi dan menjalankannya dengan selurus-lurusnya.

"Prinsip itulah yang ditegaskan Pak Jokowi. Syarat bagi Indonesia Satu adalah Pancasila yang dibumikan dalam seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara," lanjutnya.

Sikap tegas Presiden itu, kata Hasto, tidak memberikan ruang sedikit pun bagi pihak-pihak yang mengganggu Pancasila bagaikan ‘national call’ bagi seluruh lembaga negara, seluruh aparat penegak hukum dan seluruh jajaran kementrian negara untuk menjalankan kebijakan yang ideologis tersebut.

"Dengan menjadikan Pancasila hidup dalam seluruh gerak kehidupan berbangsa, maka Indonesia yang satu, berdaulat, berkemajuan, adil dan makmur bisa kita wujudkan," ujarnya.

"Di dalam Indonesia yang satu itulah, setiap warga negara Indonesia diperlakukan sama, setara, dan menjadi warga yang memiliki kesadaran untuk terus berjuang bagi kejayaan bangsanya," tuntas Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan.

KEYWORD :

Visi Indonesia Pidato Jokowi Pancasila




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :