Jum'at, 19/04/2024 15:15 WIB

MWA UI Dorong Alumni Sukseskan Pemilihan Rektor

Saleh Husin mendorong sinergi yang kuat antara para alumni, guna menyukseskan agenda pemilihan rektor UI.

Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia Saleh Husin

Jakarta, Jurnas.com – Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin mendorong sinergi yang kuat antara para alumni, guna menyukseskan agenda pemilihan rektor UI.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan silaturrahim Halal Bi Halal Sivitas Akademika UI dalam rangka memperingati Idul Fitri 1440 H, di Jakarta pada Minggu (30/6).

“Para alumni diharapkan dapat bersinergi menyukseskan agenda besar pemilihan rektor, yang di kemudian hari akan mempengaruhi posisi dan peran UI sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka, dalam menjawab tantangan global,” kata Saleh dalam keterangannya.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Rektor UI Muhammad Anis, jajaran wakil rektor, para dekan, dan Ketua Ikatan Alumni UI Arief Budhy Santoso, Saleh menyampaikan bahwa pihaknya telah menugaskan Panitia Khusus Pemilihan Rektor yang akan menjaring 20 orang kandidat.

Sementara itu, lanjut Saleh, ada pula Pantia Khusus Kebijakan Umum, yang bertugas merumuskan arah dan kebijakan UI ke depan.

“Agar rektor terpilih dan jajarannya nanti dapat melanjutkan dan mempertajam langkah serta capaian yang ditorehkan oleh rektor terdahulu. Khususnya guna mengantarkan UI menjadi satu dari 200 perguruan tinggi terbaik dunia. Tidak ringan, mengingat di Asia Tenggara saja, UI masih berada di ranking ke-9,” ujar dia.

Menteri Perindustrian periode 2014-2016 ini juga mengingatkan supaya tujuan tersebut tidak saja menjadi fokus sivitas akademika semata, namun juga para alumni.

“UI yang semakin baik, adalah UI yang kehadiran serta perannya dirasakan seluruh bangsa Indonesia, bukan kelompok, golongan tertentu, atau alumninya saja,” urai Saleh.

“Bagaimana mengelola kekayaan alam negeri ini secara berkelanjutan dan berkeadilan, contohnya upaya mendorong sektor kelapa sawit, pulp dan kertas, kakao, perikanan, atau sektor mineral seperti nikel, bauksit, dan juga jasa pariwisata beserta industri kreatif sebagai menjadi motor penggerak kesejahteraan bangsa. Ini membutuhkan kerja bersama, terlebih lagi UI yang memposisikan diri selaku agen perubahan dalam pembangunan peradaban bangsa,” tandas dia.

KEYWORD :

Universitas Indonesia Saleh Husin MWA UI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :