Jum'at, 19/04/2024 11:57 WIB

KPK Luncurkan Bus Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi

KPK kembali meluncurkan bus dalam roadshow

Pimpinan KPK luncurkan Bus Antikorupsi jelajah negeri

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali meluncurkan bus dalam roadshow "Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi" 2019. Dimana, tahun ini bus tersebut akan menyambangi 28 kota dan kabupaten di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Roadshow Bus KPK 2019 sendiri resmi diluncurkan oleh Wakil Ketua KPK, Laode Muhammadi Syarif, serta dihadiri pimpinan KPK lainnya.

Laode mengatakan, kegiatan ini dalam rangka ingin menginformasikan kepada masyarakat bahwa pemberantasan korupsi bukan hanya penindakan, tetapi juga pencegahan, salah satunya melalui pendidikan antikorupsi.

"Roadshow Bus KPK merupakan bagian dari pendidikan masyarakat antikorupsi," kata Laode, dalam sambutannya di depan kantor KPK, Jakarta, Jumat (21/6).

Untuk itu, kata Laode, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak komponen masyarakat, utama di kota-kota yang dilewati bus KPK, agar berperan aktif dalam upaya pencegahan dan pendidikan antikorupsi.

Selain itu, lanjut Laode, kegiatan juga dirancang untuk membangunkan semangat antikorupsi di masyarakat, sekaligus menosialisasikan program-program KPK pada masyarakat luas.

Diketahui, pelaksanaan kegiatan roadshow bus KPK 2019 ini berkolaborasi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dan juga melibatkan unsur sekretariat daerah, polres/polresta, inspektorat, kantor kedinasan, DPRD, KPUD, dan instansi pemerintah lainnya di masing- masing daerah.

"KPK berfokus menyosialisasikan program pencegahan korupsi meliputi pendidikan antikorupsi, sosialisasi dan pendidikan sektor politik dan swasta, pelibatan komunitas dan masyarakat sipil, serta program koordinasi supervisi (Korsup) pencegahan korupsi terintegrasi," kata Laode.

Peluncuran tersebut dimeriahkan oleh penampilan musik dari Orang Indonesia (OI), Klasika KPK, dan Kawan Lama (alumni program Suara Musik Antikorupsi-SAKSI), juga komunitas vespa dan sepeda onthel yang akan mengiringi keberangkatan Bus KPK.

Untuk diketahui, tahun 2018 lalu, tercatat lebih dari 20.000 masyarakat terlibat langsung dalam beragam program pencegahan korupsi di 11 kota dan KPK berharap pada tahun 2019 akan semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam program pencegahan korupsi di kotanya masing-masing.

KEYWORD :

Bus Antikorupsi Jelajah Negeri KPK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :