Jum'at, 19/04/2024 21:16 WIB

Iran-Turki Menentang Sanksi Sepihak Trump

Iran akan terus memperluas hubungan dengan Turki di semua bidang, khususnya di sektor ekonomi dan perdagangan.

Presiden Turki menunjukkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) bersalaman dengan Presiden Iran Hassan Rouhani. (Foto oleh AFP)

Teheran, Jurnas.com - Presiden Iran dan Turki menyatakan menentang segala jenis sanksi dan unilateralisme dalam hubungan internasional.

Demikian kata Presiden Iran, Hassan Rouhani dalam pertemuan dengan rekannya dari Turki Recep Tayyip Erdogan di sela-sela KTT kelima Konferensi tentang Tindakan Interaksi dan Membangun Kepercayaan di Asia (CICA) di ibukota Tajikistan Dushanbe, Sabtu (15/6).

Rouhani mengatakan, Iran akan terus memperluas hubungan dengan Turki di semua bidang, khususnya di sektor ekonomi dan perdagangan.

"Iran dan Turki telah mengambil langkah-langkah berharga untuk memperluas dan memperdalam hubungan dalam beberapa tahun terakhir dan tren ini harus dipercepat sebanding dengan kapasitas dan peluang yang sangat besar," kata Rouhani.

Rouhani menyuarakan keprihatinan atas diberlakukannya kembali sanksi-sanksi sepihak AS terhadap Iran suatu langkah yang disebut mempengaruhi ekonomi seluruh wilayah.

Presiden Iran juga memuji kerja sama "efektif, sukses dan pentingantara Teheran dan Ankara pada masalah-masalah regional.

"Kerja sama bilateral dan trilateral, termasuk dengan Rusia, pada masalah-masalah regional, proses Astana (perdamaian), perang melawan terorisme dan Suriah stabilitas sangat penting dan sejalan dengan mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan," katanya.

Pada akhir hari pertama putaran ke-12 pertemua Astana pada 25 April, utusan khusus presiden Rusia untuk Suriah Alexander Lavrentiev, mengatakan, Iran, Rusia, dan Turki, harus melanjutkan perjuangan melawan terorisme di negara Arab.

"Pembicaraan membahas situasi di Suriah secara umum, dan di wilayah barat laut Idlib khususnya di mana organisasi teroris Jabhat al-Nusra mengendalikan sebagian besar wilayah itu," kata Lavrentiev.

Di tempat yang sama, Turki, memuji hubungan yang tumbuh antara Teheran dan Ankara dan mengatakan negaranya mementingkan perluasan hubungan lebih lanjut.

"Turki bertekad untuk meningkatkan hubungannya dengan Iran di semua bidang," kata Erdogan.

KEYWORD :

Sanksi Amerika Serikat Iran Turki Timur Tengah Hasan Rouhani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :