Rabu, 24/04/2024 06:10 WIB

Voyage Terakhir Tiba Jakarta, Tandai Mudik Gratis Berakhir

Peserta Program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Tahun 2019 sebanyak 11.007 orang dan 4.794 unit sepeda motor.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Capt. Wisnu Handoko (tengah) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (13/6/2019), saat menyambut kedatangan voyage terakhir KM Dobonsolo yang mengangkut pemudik gratis sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Jakarta, Jurnas.com – Mengangkut sebanyak 1.775 orang penumpang dan 762 unit sepeda motor, KM Dobonsolo sebagai Kapal pada Program Mudik Gratis Dengan Sepeda Motor Ditjen Perhubungan Laut yang dioperatori oleh PT Pelni tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada hari ini, Kamis (13/6/2019).

Disambut oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko, ribuan pemudik terlihat antusias menuruni kapal yang merupakan voyage terakhir menutup rangkaian program Mudik Gratis Sepeda Motor Ditjen Perhubungan Laut Tahun 2019.

Wisnu mengungkapkan, bahwa voyage terakhir yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada hari Rabu (12/6) ini mengangkut para pemudik yang akan kembali ke rumah, baik di Jakarta maupun daerah lain seperti Bekasi, Depok, Tangerang dan Bogor.

Wisnu menambahkan, bahwa pihaknya juga bekerjasama dengan Satlantas Polres KPPP Tanjung Priok untuk memastikan keselamatan perjalanan para pemudik ke tempat tinggal masing-masing.

“Personel Satlantas Polres KPPP Tanjung Priok akan mengawal para pemudik ini dari dermaga penumpang sampai ke jalan raya. Sebelumnya, tentunya kami pastikan motor mereka lengkap peralatan keselamatannya sehingga mereka bisa sampai di rumah masing-masing dengan selamat,” imbuh Wisnu.

Hal ini, jelas Wisnu sejalan dengan tujuan dari penyelenggaraan Program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut oleh Pemerintah melalui Ditjen Perhubungan Laut, yakni untuk menekan angka kecelakaan dan korban meninggal dunia di jalan raya.

“Sejauh ini, Program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut yang telah kita selenggarakan dari tahun ke tahun terbilang berjalan dengan cukup lancar dan mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat,” kata Wisnu.

Dari 3 voyage arus mudik yang dari Jakarta menuju Semarang, KM Dobonsolo tercatat telah mengangkut sejumlah 5.523 orang penumpang dan 2.468 unit sepeda motor. Sedangkan untuk 3 voyage arus balik dari Semarang menuju Jakarta, jumlah yang tercatat sebesar 5.384 orang penumpang dan 2.326 unit sepeda motor.

“Dengan demikian total pemudik yang telah ikut serta dalam Program Mudik Gratis Sepeda Motor Dengan Kapal Laut Tahun 2019 adalah sebanyak 11.007 orang dan 4.794 unit sepeda motor,” jelas Wisnu.

Melihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi tersebut, Wisnu mengungkapkan, pihaknya akan terus berusaha untuk mempersiapkan dan menyempurnakan penyelenggaraan mudik gratis dengan kapal laut secara lebih baik dan berkeselamatan pada tahun-tahun mendatang.

“Kami akan mengusahakan agar cakupan Wilayah Mudik Gratis ini bisa diperluas, bukan hanya di Jawa dan Sumatera, tapi juga di Kawasan Timur Indonesia. Selain itu, kami akan mengupayakan agar pendaftaran mudik gratis ini dapat dilakukan secara online berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan),” pungkas Wisnu.

 

KEYWORD :

KM Dobonsolo Ditjen Perhubungan Laut mudik gratis Lebaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :