Sabtu, 20/04/2024 05:55 WIB

Gus Yasin Lepas Voyage Terakhir KM Dobonsolo Angkut Pemudik Gratis ke Jakarta

Total peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut Lebaran 1440 H/2019 11.009 orang dan 4.798 unit sepeda motor.

Wakil Gubernur Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) saat melepas ribuan pemudik motor gratis dengan KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (12/6/2019). (Foto: Humas Ditjen Hubla/Indi Astono)

Semarang, Jurnas.com - Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah H Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) melepas pelayaran KM Dobonsolo yang mengangkut 1.775 orang dan 762 unit sepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Pelepasan voyage terakhir ini Gus Yasin di dampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas, Ahmad Wahid, para pejabat serta stakeholders terkait di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

"Kapal Dobonsolo yang diberangkatkan sore ini dari Tanjung Emas merupakan kapal mudik gratis dengan sepeda motor untuk voyage terakhir yang diperkirakan tiba di Tanjung Priok esok pagi (13/6). Dengan demikian, tuntas sudah program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut untuk tahun 2019," ujar Gus Yasin yang mewakili Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk tahun 2019 ini mendapatkan perhatian dan rasa antusias dari masyarakat yang terbukti dengan banyaknya jumlah peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut untuk tahun ini.

Tercatat, total sebanyak 5.625 orang penumpang dan 2.470 unit sepeda motor untuk arus mudik yang diangkut dengan kapal KM. Dobonsolo dari Jakarta ke Semarang pada tanggal 30 Mei, 1 dan 3 Juni 2019. Sedangkan untuk arus balik sebanyak 5.384 orang dan 2.328 unit sepeda motor juga telah diangkut dengan kapal KM. Dobonsolo dari Semarang ke Jakarta pada tanggal 8, 10 dan 12 Juni 2019.

Dengan demikian total pemudik yang telah ikut serta dalam program mudik gratis sepeda motor dengan kapal tahun 2019 adalah sebanyak 11.009 orang dan 4.798 unit sepeda motor.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Wisnu Handoko menjelaskan, program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tahun 2019 secara umum berjalan lancar dan peminatnya cukup tinggi.

Pihaknya akan mempersiapkan dan menyempurnakan penyelenggaraan mudik gartis dengan kapal laut pada Lebaran 2020 dengan lebih baik dan berkeselamatan.

"Ke depan, kami bersama pihak terkait akan terus menyempurnakan pelaksanaan mudik gratis dengan kapal laut. Rencananya mudik gratis ini bukan hanya di Jawa dan Sumatera, tapi diperluas sampai ke KTI (kawasan timur Indonesia)," ungkap Wisnu.

Untuk penyelenggaraan mudk gratis tahun depan, menurut Wisnu, akan dibahas dan dipersiapan lebih awal sehingga bisa terlaksana dengan lebih baik.

Selain itu, terdapat juga usulan agar pendaftaran mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut dilakukan secara online, dengan berbasis NIK (nomor induk kependudukan).

“Pendaftaran online dengan basis NIK diharapkan bisa dilakukan untuk lebih mempermudah. Selain itu, Pemerintah mempunyai basis data yang baik,” imbuhnya.

KEYWORD :

Mudik gratis Gus Yasin sepeda motor KM Dobonsolo KSOP Semarang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :