Jum'at, 19/04/2024 18:46 WIB

Pembatasan Visa bagi Pelajar China Akan Rugikan AS

Pembatasan pengajuan visa bagi pelajar China, dinilai akan berdampak buruk bagi universitas di Amerika Serikat (AS), baik dari sisi akademis maupun finansial.

Visa Amerika Serikat (Foto: Suara)

Houston, Jurnas.com - Pembatasan pengajuan visa bagi pelajar China, dinilai akan berdampak buruk bagi universitas di Amerika Serikat (AS), baik dari sisi akademis maupun finansial.

Demikian disampaikan oleh profesor ilmu politik di Universitas St. Thomas di Houston, negara bagian Texas, Amerika Serikat (AS), di mana dia prihatian karena kini ketakutan menyebar di kalangan sarjana China yang sedang belajar di AS.

Taylor yakin, hanya tinggal menunggu waktu kebijakan pembatasan visa ini akan membuat pelajar China tidak masuk universitas di Amerika, dan cenderung mendaftar ke universitas di Kanada, Australia dan Eropa.

Dengan berkurangnya jumlah mahasiswa sarjana dan pascasarjana China, maka akan menyebabkan dampak akademis dan ekonomi pada universitas-universitas AS, menurut Taylor.

"Ini akan memiliki dampak dua kali lipat, pertama hilangnya kunjungan sarjana China yang memberikan penelitian penting, serta hilangnya sumber pendapatan penting untuk sejumlah universitas AS," kata profesor tersebut dilansir dari People`s Daily pada Minggu (9/6).

Sebagai seseorang yang telah berpartisipasi dalam banyak pertukaran akademik dan pendidikan, Taylor membuktikan betapa pentingnya pelajar China bagi Washington dan Beijing.

"Pertukaran (pendidikan AS-Cina) ini mendorong pertukaran bebas dari penelitian ilmiah, membina kolaborasi akademik, pengembangan hubungan antar universitas, pengembangan hubungan pribadi dan persahabatan, dan promosi pemahaman budaya yang lebih besar," papar dia.

Taylor menambahkan, dengan menggunakan siswa dan cendekiawan sebagai pion melawan China, dikhawatirkan akan memiliki dampak negatif yang mendalam.

"Itu mungkin dapat menyebabkan berkurangnya kerja sama dan kolaborasi dalam sejumlah bidang penelitian ilmiah. Dan itu dapat menyebabkan penundaan lama dalam menyebarluaskan temuan-temuan penting yang dapat membantu kita untuk memahami atau memecahkan sejumlah masalah yang dihadapi dunia saat ini," tandas dia.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan China menyebut pengajuan visa dari beberapa pelajar China baru-baru ini telah dibatasi, seperti proses peninjauan yang diperpanjang, periode validitas yang lebih pendek, dan peningkatan tingkat penolakan, yang telah memengaruhi rencana mereka untuk belajar di AS.

KEYWORD :

Amerika Serikat China Pembatasan Visa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :