Jum'at, 19/04/2024 06:38 WIB

Ribuan Warga Venezuela Melintas Negara Lain Beli Kebutuhan Dapur

Antrean panjang Venezuela berdiri di dua jembatan internasional dekat kota Cucuta menunggu dokumen mereka diperiksa pejabat Kolombia, 

Ribuan warga Venezuela menyeberangi jembatan internasional Simon Bolivar dari San Antonio del Tachira di Venezuela ke Cucuta, di Kolombia, untuk membeli barang-barang (Foto: Schneyder Mendoza / AFP)

Caracas, Jurnas.com - Ribuan orang menyeberang ke Kolombia membeli kebutuhan sehari-sehari dan obat-obatan setelah Presiden Venezuela Nicolas Maduro membuka kembali perbatasan yang ditutup selama empat bulan terakhir.

Antrean panjang Venezuela berdiri di dua jembatan internasional dekat kota Cucuta menunggu dokumen mereka diperiksa pejabat Kolombia, Sabtu (7/6).

Para penjaga perbatasan Venezuela yang mengenakan seragam hijau membantu mengamankan keruman orang.

Pemerintah negara Amerika Selatan memerintahkan perbatasan dengan Aruba, Bonaire, Curacao, Brazil dan Colombia ditutup pada Februari saat oposisi mencoba mengirimkan makanan dan pasokan medis ke negara itu.

Sebagian besar bantuan diberikan AS, sekutu utama pemimpin oposisi Juan Guaido yang menyatakan dirinya sebagai presiden Venezuela yang sah pada Januari. Namun Maduro menolak bantuan itu karena melanggar kedaulatan Venezuela.

Pada Mei, pemerintah membuka kembali perbatasan dengan Aruba dan Brasil, tetapi Jembatan Internasional Simon Bolivar dan Jembatan Internasional Francisco de Paula Santander dengan Kolombia tetap ditutup.

Mengumumkan pembukaan kembali perbatasan pada hari Jumat, Maduro mengatakan: "Kami adalah orang yang damai yang sangat membela kemerdekaan dan penentuan nasib sendiri kami."

KEYWORD :

Konflik Venezuela Amerika Serikat Rusia Nicolas Maduro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :