Jum'at, 19/04/2024 12:43 WIB

Voyage Terakhir, Sesjen Kemenhub Lepas 1.628 Pemudik Gratis Sepeda Motor

Sebelumnya, sudah 2 voyage kapal KM. Dobonsolo yang dilepas oleh Kementerian Perhubungan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono (kedua dari kiri) didampingi Sekditjen Perhubungan Laut Arif Toha (kedua dari kanan) dan Kepala Distrik Navigasi Tanjung Priok Ali Malawat (kanan) melepas pemberangkatan terakhir pemudik gratis sepeda motor dengan KM Dobonsolo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (3/6/2019).

Jakarta, Jurnas.com - Hari ini, Senin (3/6/2019) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melepas voyage terakhir kapal KM. Dobonsolo yang mengangkut 1.628 orang peserta mudik gratis dan 718 unit sepeda motor dari Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah.

Pelepasan ini dilakukan oleh Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono didampingi Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Capt. Hermanta, Kepala Syahbandar Utama Tanjung Priok, Amiruddin dan para pejabat serta stakeholders terkait di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Sebelumnya, sudah 2 voyage kapal KM. Dobonsolo yang dilepas oleh Kementerian Perhubungan yaitu pada hari Kamis (30/5/2019) lalu, kapal penumpang  KM. Dobonsolo yang dioperatori PT. Pelni  mengangkut sebanyak 911 sepeda motor dan 1.982  orang dan Sabtu (1/6/2019) kapal mudik gratis sepeda motor KM. Dobonsolo mengangkut sebanyak 849 unit sepeda motor dan 2.013 orang penumpang.

"Kami berterima kasih atas keikutsertaan masyarakat yang memanfaatkan mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini, karena sangat membantu dalam menghindari terjadinya kecelakaan di jalan raya. Dengan naik kapal ini, mereka bisa  istirahat di dalam kapal, sehingga setelah sampai di Semarang nanti bisa melanjutkan perjalanan  ke kota masing-masing," kata Sesjen Djoko.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha menyebutkan pada tahun 2019 ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan  kuota untuk mudik gratis sepeda motor dengan kapal adalah sebanyak 7.500 unit sepeda motor dan 15.000 orang penumpang.

Kapal yang digunakan untuk mengangkut mudik gratis tersebut adalah kapal penumpang KM. Dobonsolo yang dioperatori oleh PT. PELNI dengan jadwal 3 kali keberangkatan (voyage) untuk arus mjudik yaitu tanggal 30 Mei, tanggal 1 Juni, dan 3 Juni 2019, serta 3 kali voyage arus balik tanggal 8, 10, dan 12 Juni 2019.

"Rencananya kapal KM. Dobonsolo akan sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menunggu arus balik yang akan mengangkut pemudik gratis sepeda motor ke  Jakarta," kata Arif Toha.

Menurut Arif Toha program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini merupakan salah satu dukungan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mewujudkan slogan mudik lebaran tahun 2019 ini, yaitu “Mudik Bareng, Asyik Lancar”.

“Para pemudik sepeda motor dengan kapal laut ini tidak dikenakan biaya apapun bahkan mendapatkan fasilitas dua kali makan selama pelayarannya yaitu saat berbuka puasa dan saat sahur serta fasilitas lainnya seperti hiburan di atas kapal. Pemerintah berharap dengan memanfaatkan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal ini, para pemudik dapat kembali pulang ke kampung halaman dengan selamat, aman, dan nyaman selama pelayarannya,” tutup Arif Toha.

Adapun kapal KM. Dobonsolo langsung diberangkatkan ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang setelah Syahbandar Utama Tanjung Priok, amiruddin menyerahkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) kepada nakhoda kapal KM. Dobonsolo.

KEYWORD :

KM Dobonsolo voyage terakhir Lebaran 1440 H/2019




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :