Kamis, 18/04/2024 16:17 WIB

Mesin Ketik Kuno Nazi Dilelang Secara Online

Mesin Enigma (M3) desain rotor tiga sandi yang jarang digunakan oleh Jerman selama Perang Dunia II (foto) akan dilelang secara online pada hari Kamis.

Mesin Enigma (M3) desain rotor tiga sandi yang jarang digunakan oleh Jerman selama Perang Dunia II (foto) akan dilelang secara online pada hari Kamis. . Foto oleh Jim Ruymen / UPI

Jakarta, Jurnas.com - Mesin pembuat kode langka yang digunakan oleh Nazi selama Perang Dunia II akan dilelang secara online pada Kamis (30/05) waktu setempat.

Rumah lelang yang berbasis di California, Nate D. Sanders Auction, telah menempatkan mesin yang disebut Enigma untuk dilelang dengan tawaran minimum awal $ 200.000.

Dilansir UPI, mesin yang akan dilelang pada Kamis adalah salah satu dari sekitar 250 yang digunakan dalam perang dan masih ada sampai sekarang. Ini juga merupakan desain M3 dengan tiga rotor dan bagian yang cocok, yang membuatnya lebih langka.

Ini juga menampilkan kayu asli, baterai asli, bagian-bagian dari tali kulit, roda logam dengan lambang Reich Ketiga dan instruksi yang ditulis dalam bahasa Jerman di bawah tutupnya.

Mesin Enigma umumnya digunakan selama Perang Dunia II, tetapi jumlah model menjadi langka setelah Jerman memerintahkan mereka dihancurkan untuk mencegah mereka jatuh ke tangan musuh dan Winston Churchill memerintahkan mesin yang tersisa dihancurkan pada akhir perang.

Mesin itu mampu membuat kode yang dianggap tidak bisa dipecahkan, dengan satu-satunya cacat desain yang melekat adalah bahwa ia mengacak huruf menjadi 17, 576 kombinasi, tidak termasuk huruf aslinya.

Pada akhirnya, kesalahan manusia termasuk mengakhiri setiap komunikasi dengan frasa Heil Hitler memungkinkan pasukan Sekutu untuk menguraikan kode.

KEYWORD :

Mesin Ketik Kuno Nazi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :