Rabu, 24/04/2024 13:17 WIB

Lima Cara Mudah Terhindar Diabetes

Meski caranya mudah namun harus dilakukan secara konsisten agar bisa terhindar dari pyenyakit diabetes.

Jika cara ini dilakukan konsisten Anda bisa terhindar dari diabetes (Foto: Ilustrasi)

Jurnas.com - Berdasarkan data International Diabetes Federation 2015, Penyandang diabetes di Indonesia sudah mencapai 10 juta orang dan menempati urutan ketujuh di dunia sebagai Negara dengan penyandang diabetes tertinggi.

Lalu data dari Sample Registration Survey, Diabetes dengan komplikasi menjadi penyebab kematian ketiga terbesar di Indonesia setelah stroke dan jantung.

Untuk mencegah diabetes menyerang Anda, Anda harus lakukan hal-hal mudah berikut ini:

1. Olahraga

Lakukan olahraga rutin atau aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari. AKtivitas yang dilakukan seperti lari, jogging, sepeda, berenang, atau angkat beban. Selain menjaga dan mengendalikan berat badan, Anda juga bisa mencegah terjadinya diabetes atau kadar gula darah yang naik.

2. Konsumsi sayur dan buah

Selain berolahraga secara rutin, Anda juga harus rajin mengonsumsi sayur dan buah. Setidaknya antara tiga dan lima porsi buah dan sayuran sehari, mengurangi asupan gula, garam dan lemak jenuh pada tubuh. Dengan perencanaan makanan dan asupan yang tepat, Anda masih bisa menikmati berbagai makanan favorit.

3. Hindari konsumsi rokok dan alkohol

Penggunaan tembakau atau rokok juga dapat meningkatkan faktor risiko terjadinya diabetes. Hindari mengonsumsi rokok dan alkohol karena kandungan pada rokok dan alkohol dapat berbahaya bagi kesehatan.

4. Kelola stres

Stres yang melanda Anda secara berlebihan, tidak hanya membuat pusing dan gampang marah tapi juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah atau diabetes. Sehingga disarankan untuk mengelola kadar stres dengan melakukan aktivitas fisik, aktivitas yang disukai, beristirahat yang cukup.

5. Konsultasi dokter

Setelah melakukan serangkaian cara di atas, jangan lupa untuk rutin melakukan pengecekan ke dokter. Selain mengetahui kondisi tubuh terkini, Anda juga bisa mencegah terjadinya diabetes dengan mengontrol kadar gula darah dan berobat sesuai resep dokter. 

KEYWORD :

Waspada Diabetes Mencacah Diabetes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :