Rabu, 24/04/2024 08:11 WIB

Tips Berpuasa yang Sehat

Kiat-kiatnya termasuk pilihan makanan yang sempurna untuk rehidrasi, termasuk sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat seperti roti cokelat yang berkontribusi untuk menstabilkan kadar gula darah.

Pastikan sayur dan buah memenuhi setengah porsi piring makanmu saat berbuka puasa (Foto: Shutterstock)

Arab Saudi, Jurnas.com - Sebagai bagian dari upayanya untuk meningkatkan kesadaran selama Ramadan, Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah menerbitkan saran dan tips berpuasa yang sehat.

Kiat-kiatnya, pililah makanan yang sempurna untuk rehidrasi, termasuk sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat seperti roti cokelat yang berkontribusi untuk menstabilkan kadar gula darah.

Karena orang yang berpuasa menghabiskan waktu hingga 15 jam tanpa makanan pada suatu waktu, kementerian itu menyarankan untuk memulai berbuka puasa dengan kurma, sup, dan makanan ringan yang kaya vitamin dan mudah dicerna.

Selain itu, keanekaragaman makanan sangat penting, dengan bahan-bahan kaya protein termasuk daging dan produk susu yang sangat penting pembangunan sel dan perasaan puas dan penuh.

Kementerian itu lebih lanjut menyarakan agar menghindari jus terkonsentrasi, kalengan, dan bubuk, karena mengandung banyak gula, pewarna dan rasa buatan, dan memiliki nilai gizi yang buruk.

Mendapatkan glukosa instan ke tubuh mungkin menawarkan bantuan jangka pendek, tetapi juga akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah, diikuti oleh tabrakan, menyebabkan kelelahan dan dehidrasi.

KEYWORD :

Hikmah Ramadan Tips Sehat Puasa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :