Jum'at, 26/04/2024 03:04 WIB

Pakistan Mulai Memagari Perbatasan dengan Iran

Iran dan Pakistan telah meningkatkan upaya mereka untuk meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasan bersama mereka setelah serangan baru-baru ini terhadap penjaga perbatasan Iran oleh teroris yang berbasis di Pakistan.

Foto ini diambil pada 21 April 2019 menunjukkan pejabat keamanan perbatasan Iran (L) berjabat tangan dengan petugas keamanan perbatasan Pakistan di Zero Point di kota perbatasan Pakistan-Iran di Taftan. (Foto oleh AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Komandan pasukan perbatasan Pakistan mengatakan, negara itu telah mulai memagari perbatasan bersama sepanjang 950 kilometer dengan Iran dalam upaya untuk memperkuat keamanan di daerah tersebut.

Moazzam Jah Ansari mengatakan, proyek untuk memagari perbatasan yang menghubungkan Provinsi Balochistan Pakistan dengan Provinsi Sistan dan Baluchestan Iran akan selesai dalam tiga hingga empat tahun.

"Pasukan keamanan Pakistan baru-baru ini melancarkan operasi militer di Balochistan dekat perbatasan Iran yang menyebabkan terbunuhnya 15 militan," kata Ansari dilansir PressTV.

Iran dan Pakistan telah meningkatkan upaya mereka untuk meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasan bersama mereka setelah serangan baru-baru ini terhadap penjaga perbatasan Iran oleh teroris yang berbasis di Pakistan.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi mengatakan bahwa Islamabad telah mengambil enam langkahuntuk memastikan stabilitas di sepanjang perbatasan Iran sebagai bagian dari proyek yang dijuluki perbatasan perdamaian.

Diplomat top Pakistan juga mencatat bahwa proyek untuk memagari perbatasan bersama sudah dimulai dari titik-titik yang sering dieksploitasi oleh kelompok-kelompok teroris.

Selama kunjungan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan ke Teheran pada bulan April, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa kedua negara sepakat untuk membentuk "pasukan reaksi cepat" bersama di perbatasan bersama untuk memerangi terorisme. "

Iran di masa lalu mendesak Pakistan untuk mengatasi masalah keamanan perbatasan, bahkan menawarkan untuk meluncurkan operasi militer dan intelijen bersama untuk menemukan dan menghilangkan teroris yang berbasis di wilayah Pakistan.

Dalam serangan terakhir mereka, teroris yang bermarkas di Pakistan menewaskan lebih dari 40 anggota Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) dengan menabrakkan mobil bermuatan bahan peledak ke dalam bus mereka di Iran tenggara pada bulan Februari.

Tentara Pakistan telah melancarkan serangan besar-besaran ke tempat persembunyian teroris di sepanjang perbatasan dengan Iran yang bertujuan untuk membersihkan perbatasan dari bandit-bandit bersenjata.

Awal bulan ini, pasukan keamanan Pakistan membunuh lima teroris dalam dua operasi terpisah di daerah Khuzdar dan Turbat di Provinsi Balochistan, Pakistan, dekat perbatasan Iran.

KEYWORD :

Perbatasan Iran Pasukan Pakistan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :